Mei 26, 2016

The Vegetarian





Judul Buku : The Vegetarian
Penulis : Han Kang
Translator : Deborah Smith
ISBN : 9780553448191
Award : 2016 Man Booker International Prize


Karena saya baca bareng dengan ABO dan Mba Desty, berikut adalah review saya atas novella ketiga. Untuk novella pertama dan kedua bisa dicek di blog :

dan

Apa yang bisa berubah dalam waktu tiga tahun?

Banyak pastinya ya.

Seorang bayi bisa berubah menjadi anak kecil yang siap sekolah.

Seorang wanita bisa saja bertemu pria idaman lalu menikah.

Tentunya tak ada yang mau berharap berubah menjadi lebih buruk. Tapi toh tiga tahun bagi Kim Yeong Hye tidak memberi kemajuan yang berarti.

Sejak Yeong Hye memutuskan berhenti makan daging tiga tahun lalu, kesehatannya menurun drastis. Sekarang bukan hanya  daging yang tak mau ia makan, tetapi ia menolak makanan sama sekali. Dirawat di rumah sakit jiwa membuat dokter memvonisnya menderita schizoprenia dan anoreksia. Dokter bahkan mengkhawatirkan Yeong Hye mungkin akan meninggal jika ia masih menolak untuk makan.

In Hye jelas amat murka saat ia menemukan Yeong Hye sedang berdiri terbalik di atas tangan dan berkata bahwa dirinya bukan hewan lagi, yang ia butuhkan saat ini hanya sinar matahari.
See? Kurang absurd apalagi coba si Yeong Hye ini.

Dan di saat kakaknya murka dan was was dengan kondisi adiknya. Yeong Hye malah mempertanyakan kematian itu sendiri.


Why, is it such a bad thing to die?


Menurutmu kenapa kematian itu hal yang buruk?

Mungkin itu juga yang terbayang bayang di pikiran In Hye jika mengingat mengapa adiknya bisa berubah menjadi seperti itu. Kadang ia akan merenungi masa lalunya yang penuh tanggung jawab, lalu membandingkannya dengan masa lalu In Hye. Kadang ia juga memenuhi otaknya dengan berbagai pertanyaan dan kemungkinan, kalau saja In Hye dulu tidak memutuskan berhenti makan daging, kalau saja perlakuan ayah mereka dulu tidak sekasar itu kepada Yeong Hye, kalau saja suaminya tidak mengetahui tanda lahir di tubuh Yeong Hye. Dan banyak kalau saja kalau saja lainnya.

The Vegetarian merupakan kumpulan dari tiga novella yang menceritakan tentang Yeong Hye dan keluarganya. Di cerita ketiga ini, fokus cerita lebih kepada In Hye, kakak perempuan yang satu satunya mau mengurus Yeong Hye. In Hye digambarkan sebagai wanita yang tegar dan penuh tanggung jawab, ia tak hanya mengurusi keperluan dan administrasi Yeong Hye di perawatan, tetapi juga sesekali mengajak bicara adiknya tersebut. Tapi toh Yeong Hye sudah berubah, bahkan semua berubah dalam pandangan In Hye.

Pembaca juga diajak menyelami pikiran In Hye lebih dalam, lebih jauh lagi tentang hidupnya yang berantakan. Di satu ketika, In Hye bahkan merasa bahwa apa yang ia lakukan dari dulu adalah bentuk kepengecutan, ia tak berani menolak, tak berani menentang. Tidak kepada suaminya yang berlaku seenaknya, juga kepada ayah yang bertemperamen kasar.


Her life was no more than a ghostly pageant of exhausted endurance, no more real than a television drama.


Buku ini secara keseluruhan memusingkan, sebenarnya. Saya masih ngga ngerti apa maksud mimpi Yeong Hye sampai sampai dia berubah untuk berhenti makan daging. Kenapa daging? Apa yang ingin disampaikan si penulis di cerita ini?

Tapi yang jelas terasa sih betapa Yeong Hye menggambarkan pemberontakan dirinya sendiri atas ikatan dan kebiasaan kebiasaan yang selama ini ada. Hal ini dipertegas dengan pemberian nama tokoh yang sedikit. Sebagian besar dipanggil dengan sebutan Ayah, ibu, saudara ipar dan seterusnya. Dengan setting latar Korea Selatan, mungkin penulis ingin menegaskan betapa orang orang di sana banyak yang tidak dikenal sebagai seorang individu melainkan sebagai seseorang yang memiliki hubungan (dalam hal ini hubungan kekeluargaan).

Karena itulah, mungkin, Yeong Hye berontak dan ingin membebaskan dirinya sebagai entitas yang berbeda. 

Yah, kalau penasaran, silakan baca sendiri bukunya.  :)

1 komentar on "The Vegetarian "
  1. Hal ini dipertegas dengan pemberian nama tokoh yang sedikit.

    Saya baru sadar dari awal kisah ini, jarang sekali penyebutan nama (kecuali kalau si tokoh menaruh perhatian lebih). Anehnya, ada tokoh yang hanya diberi inisial saja, si J dan P.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,