Juli 22, 2016

Ngopi : Beli Ebook di SCOOP




Semakin lama e-book makin dipilih oleh para pembaca buku, termasuk saya. Alasannya sederhana, selain harganya lebih murah, saya tidak perlu repot repot mikir lemari yang makin sesak. Maklumlah, rumah udah penuh barang-barang bocah, jadi belum memungkinkan untuk menambah lemari lagi. Hiks.

Untuk e-book "halal" (iykwim), saya sering memperolehnya di Perpustakaan digital IJakarta. Saya pernah mereview versi lamanya di sini, tapi sekarang Ijakarta sudah makin update dan banyak buku-buku baru yang bisa dipinjam. Hanya saja, karena Ijakarta seperti selayaknya perpustakaan biasa, mereka memiliki tenggat waktu peminjaman yang berkisar antara 2-3 hari. Beruntung kalau mood saya sedang baik, biasanya saya akan langsung kelar baca tapi kalau belum mood baca tapi pengen punya, saya biasa membeli di Scoop.

Bertahun tahun lalu #tsaaah , saya pernah mereview SCOOP tapi saat itu masih belum banyak sih bukunya. Biasanya saya membeli buku-buku terbitan lama yang harganya amat miring. Nah, seiring dengan perkembangannya, SCOOP makin update dan memudahkan pembaca untuk membeli buku buku elektronik dan memfasilitasi pembacanya dengan tampilan yang tidak terlalu menyiksa mata pembaca.


Kali ini, saya mau berbagi cara membeli e-book di SCOOP. Sebenarnya di SCOOP sendiri sudah ada petunjuknya sih di bagian FAQ, tapi mungkin postingan saya lebih bermanfaat karena ada gambarnya XD #lha

1. Pilih buku yang mau kamu beli di SCOOP
Ini buku pilihan saya





2. Klik opsi "Pembelian" nanti akan muncul tampilan harga seperti ini




3. Klik pada opsi harga tersebut, nanti akan muncul pilihan cara pembayaran yang dapat kamu gunakan. 


4. Pilih cara pembayaran yang kamu inginkan. Berikut beberapa pilihannya

a. SCOOP Points
Kalau kamu punya SCOOP Points, kamu bisa membeli buku lewat pilihan ini jika poinmu mencukupi. Berikut contoh jika pointmu cukup (kali ini saya menggunakan buku yang berbeda)



Tapi kalau tidak mencukupi, akan muncul peringatan seperti ini 




b. Membayar menggunakan Google Play

Karena ponsel saya menggunakan provider Indosat dan bisa dipakai untuk membeli lewat Google Play, berikut contoh jika kita memilih opsi pembayaran menggunakan Google Play


Kamu tinggal klik opsi "BELI", lalu masukkan password Google Play milikmu dan saldo akan berkurang secara otomatis.

c. Menggunakan pilihan pembayaran ATM Transfer

Kalau saya sih biasanya menggunakan opsi ATM Transfer ini. Setelah klik opsi ATM transfer, akan muncul notifikasi berikut.


Kalau kamu punya Kode Promo dari SCOOP, masukkan ke opsi "punya kode promo?" tersebut. Tapi kalau ga punya, langsung saja klik opsi "Lanjutkan"
Nah, pesanan kamu akan selesai, tinggal melakukan pembayaran. Jangan lupa catat order ID, karena akan digunakan pada saat pembayaran nanti.


Tapi bagaimana kalau kelupaan mengingat order ID? Jangan khawatir, sebuah email akan masuk ke alamat emailmu yang kamu pakai saat login di akun SCOOP

Segera lakukan pembayaran dalam jangka waktu 24 jam setelah pemesanan. Jika lebih dari 24 jam pesanan masih belum dibayar, maka pesanan kamu akan kedaluarsa dan secara otomatis dibatalkan.

5. Lakukan pembayaran
Melakukan pembayaran lewat ATM Transfer pada dasarnya serupa di beberapa bank berbeda. 

a. Menggunakan internet banking
Pertama tama, login ke akun ibanking
Lalu pilih opsi pembayaran >> Telepon >> Telkom



Lalu masukkan 12 digit nomor order ID yang kamu dapatkan di email tadi. Nah, di order ID kan ada 13 digit, hilangkan angka 0 di awal nomor. Jadi kalau tadi order ID saya adalah 0195751834178, yang saya masukkan adalah 195751834178 



b. Menggunakan sms banking
Sebenarnya sama aja sih, opsinya Pembayaran >> Telepon >> Telkom 
Masukkan 12 digit order ID di kolom nomor telepon

6. Tak perlu konfirmasi pembayaran.
Setelah melakukan pembayaran, secara otomatis selang beberapa menit kemudian akan masuk sebuah email yang menandakan pembayaran telah berhasil dilakukan. Yup, email ini masuk secara otomatis, kamu ngga perlu repot repot melakukan konfirmasi pembayaran. 



7. Buku bisa kamu unduh di aplikasi SCOOP
Sekarang, kamu bisa langsung cek di app Scoop kamu dan buka bagian Perpustakaan >> Komputasi Awan. Di situ akan muncul buku barumu yang siap diunduh


8. Selamat membaca
Setelah buku berhasil kamu unduh, buku itu akan muncul di bagian perpustakaanmu dan bisa kamu baca deh. Pengalaman saya sih terkadang bukunya bisa saya baca secara offline, tapi kadang juga nggak. 



Nah, selamat mencoba! Jangan lupa kabari saya kalau postingan ini berguna bagi kamu. Saya akan dengan senang hati siap berbagi tips lagi. :))





5 komentar on "Ngopi : Beli Ebook di SCOOP"
  1. ya ampun lengkap banget penjelasannya :D makasih ya :)

    BalasHapus
  2. Saya pernah beli Ibuk di Scoop, pembeliannya memang mudah sayang bcaklikpay masih belum bisa.
    Bacanya pun juga enak.
    Rencananya bulan depan mau beli dua buku lagi :)
    Sayangnya buku2nya masih kurang banyak terutama buku2 lama kalau buku terbitan baru sepertinya cukup update.
    Semoga kedepan buku2nya lebih banyak dan ada penerbit2 lainnya.

    BalasHapus
  3. Wah, lengkap banget, Mba. *applause*

    Memang buku-bukunya masih belum update terutama karena penerbit-penerbit lain ada yang belum bergabung. Semoga lekas sehingga pilihan buku-bukunya jadi semakin banyak buat para konsumen.

    BalasHapus
  4. ebook ya, di website kami banyak info tentang ebook juga

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,