Juli 19, 2016

NGOPI : Mengatasi Reading Slump



Awal bulan lalu saya semangat banget nyiapin buku-buku yang akan saya habiskan selama liburan. Meski sebagian besar berupa e-book, tapi ada juga buku-buku cetak yang saya keluarkan dari lemari dan saya letakkan di kamar. Sampai tengah bulan ini sih saya masih sempat membaca dua atau tiga buku, meskiiii buku-buku yang saya baca malah buku-buku yang ada di luar rencana daftar bacaan liburan saya XD

Tapi beberapa hari ini saya lagi kena Reading slump, semacam virus mogok baca gitu deh. Buku yang saya pinjam di IJakarta jadi kurang menarik lagi (padahal sebelumnya saya semangat 45 saat download dan membaca bab pertamanya), buku cetak di tumpukan juga tak lagi menggoda. Padahal saya masih punya daftar buku yang harus segera dibaca dan direview. Kamu juga pernah ngalamin gitu nggak sih?

Terus gimana cara saya sembuh dari penyakit reading slump ini? Yah, karena sudah berkali-kali kena, kali ini saya mau berbagi tips biar cepet sembuh dari kemalasan ini. #tsaah


1.      Lupakan sejenak semua buku yang sedang kamu baca, alih-alih pilihlah satu buku tipis favorit kamu dari dalam rak. Bisa jadi itu komik, novel grafis, atau kumpulan surat cinta pacar cerpen. Boleh buku baru yang belum pernah kamu baca atau buku lama yang udah kamu baca berulang-ulang. Buat saya biasanya novel grafis dari Raina Telgemeier jadi andalan, atau buku-buku Tintin atau majalah Femina (maklum, saya kan juga pingin gahool). Baca aja dengan santai, boleh sambil ngeteh atau ngopi ngopi cantik, boleh sambil ngakak ngakak ngga jelas. 

2.       Blogwalking. Saya tipe blogger yang sering males blogwalking. Paling seminggu Cuma lima atau kurang postingan yang saya komenin. Nah, blogwalking saat reading slump ini bisa membantu kamu untuk semangat lagi merasakan serunya baca buku. Syukur-syukur kamu nemu buku bagus buat dimasukin ke wishlist.

3.       Jalan-jalan ke toko buku. Kalau kamu ngga sempet jalan-jalan beneran, buka aja online shop dan nyari buku-buku baru. Semacam cuci mata gitu deh.. Siapa tahu ada buku yang bikin kamu kecantol terus dibeli X))
4.       Beberes rak buku. Ingat nggak kapan terakhir kali kamu beberes timbunan di lemarimu? Nah, jangan ditunda lagi, gih segera bereskan lemarimu yang hampir jebol itu. Barangkali kamu juga akan menemukan buku-buku pinjeman yang nggak sempet dibaca setelah bertahun-tahun lamanya, atau sekalian menyortir buku-buku yang akan kamu jual atau sumbangkan demi melonggarkan isi lemari. Tentu saja dengan misi jangka panjang : menyediakan ruang untuk buku baru. Yeah!!
5. Maish belum bersemangat membaca? Well, coba istirahat deh. Tidur, makan makanan yang kamu suka, nyanyi lewat smule, atau nyikat kamar mandi. Siapa tahu mood kamu memang lagi jelek dan butuh penyegaran biar hobi membacamu bisa balik lagi.

Beberapa orang membutuhkan waktu cukup lama untuk sembuh dari Reading Slump, tapi kalau saya sih paling pol dua-tiga minggu. Setelah itu biasanya saya awali dengan membeli buku baru dari author favorit saya dan langsung membacanya, bisa sambil minum teh hangat, nyemil biscuit, leyeh leyeh di kasur, lalu mood membaca akan kembali lagi deh.

Selamat mencoba! Atau barangkali ada tips tambahan dari pengalaman kalian, bisa komen di bawah, nanti akan saya edit untuk ditambahkan di dalam postingan ini.
Terima kasih udah menyimak! :)



4 komentar on "NGOPI : Mengatasi Reading Slump"
  1. udah sebulan kena reading slump ._.
    Asyik ikutin anime keterusan. Asyik browsing forum.

    BalasHapus
  2. Iya istirahat dan blog walking membantu banget kalau reading slump.. hana belum pernah coba baca buku yang disukai kalau lagi reading slump.. dicoba ah.. makasih tipsnya :D

    BalasHapus
  3. oooh...jadi namanya reading slump ya Mbak, aku baru tau..hehe..
    sejak sebelum lebaran aku belum baca apa-apa looh. males aja bawaannya.

    Makasi infonya ya Mbak, :))

    BalasHapus
  4. @lina : Wkwk lama amaat reading slumpnya, lin. Moga moga cepetan balik ya moodnya XD
    @hana : sip, selamaat mencoba ya maaaak
    @fhia : nah, abis lebaran bisa nih beli buku baru hasil dari salam tempel kemaren XD

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,