September 17, 2016

Annie





Judul Buku : Annie
Penulis : Thomas Meehan
Alih bahasa : Ambhita Dhyaningrum
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama : 2016
Tebl : 232 halaman, baca di scoop


Menurutku jika kalian bisa memikirkan hal-hal baik saja yang akan datang esok hari, dan bukannya hal-hal buruk yang terjadi hari ini, kalian akan mulai mendatangkan hal-hal baik itu.


Annie adalah seorang anak perempuan yatim piatu. Ia ditinggal di depan pintu panti asuhan pada suatu malam tahun baru saat usianya masih berumur 2 bulan. Dalam pesan yang diletakkan bersamanya, tertulis bahwa suatu saat orang tuanya akan mengambil lagi Annie dari panti asuhan tersebut. Sayangnya, ia tidak pernah dijemput oleh siapapun selama sebelas tahun lamanya. Meski demikian, Annie tak pernah berhenti bermimpi. Ia terus berharap dan percaya orang tuanya akan datang. 

Suatu hari, ia kabur dari panti untuk mencari ayah dan ibunya. Di tengah depresi besar yang melanda Amerika saat itu, pelarian Annie amatlah berbahaya bagi anak seusianya. Tanpa  uang sepeser pun, tanpa informasi detail tentang orang tuanya, Annie hanya terlunta lunta di jalanan yang dingin. Sampai ia bertemu seorang wanita yang mau menampung di tempat tinggalnya asalkan Annie mau bekerja di kedai yang ia kelola. Tentu saja Annie menerima tawaran tersebut, setidaknya ia akan memiliki tempat tinggal dan perut yang kenyang.
Pencarian Annie atas orang tuanya masih terus berlanjut meski ia tinggal di kedai tersebut. Sampai suatu hari ia kabur dari kedai tersebut dengan tekad lebih besar untuk mencari ayah ibunya. Kelak ia akan bertemu dengan para gelandangan, tidur di penjara kantor polisi, bahkan sampai bertemu dengan presiden Amerika saat itu. 
Lalu bagaimana dengan orang tuanya? Berhasilkah Annie menemukan orang tuanya? Nah, baca aja ceritanya yaaa.


Buku yang ringan dan menyenangkan buat saya baca setelah hampir sebulanan kena reading slumps. Alurnya cepat, bahasanya sederhana dan mungkin karena memang diadopsi dari pertunjukan broadway makanya gampang banget dibayangin. Kalau kata penulisnya sih, versi novel jauh lebih lengkap dan detail daripada versi pertunjukannya. Iya, di awal buku ada kata pengantar dari penulisnya tentang sejarah tokoh Annie ini mulai dari comic strip yang muncul di tahun 1924 sampai dengan tahun 1972. Lama yaaa, iya, Annie ini muncul bertahun-tahun di surat kabar New York Daily News. Sampai ada niatan untuk menjadikannya sebuah pertunjukan musical, lalu Thomas Meehan membantu membuat naskahnya. Karena tidak puas dengan jalan cerita yang singkat di pertunjukannya, maka Meehan memutuskan akan menjadikannya sebuah novel.

Oke, sekarang tentang ceritanya.
Saya ngga yakin buku ini cocok buat anak-ana atau nggak. Soalnya tokoh utamanya malah melarikan diri dari tempat tinggalnya XD Mungkin cocok untuk anak-anak setelah usia SD kalik ya, SMP dst gitu. Annie digambarkan sebagai gadis cilik yang pemberani dan tegar, ia nggak takut saat ia merasa benar dan sering membela teman-temannya yang dibully. Meski begitu, kenekad-annya agak diragukan juga sih karena yaa namanya juga anak-anak, tanpa pertimbangan yang matang.
Di panti asuhan, ia dan teman-temannya memiliki pengasuh yang super duper jahat, Miss Hannigan namanya. Si Miss ini menyuruh anak-anak asuhannya untuk menjahit baju dan menjual hasil jahitan mereka yang lalu ia gunakan untuk mabuk-mabukan. Udah gitu makanan yang ia sediakan juga nggak enak, nggak menyehatkan, bahkan nggak bikin perut kenyang. Mungkin itu juga yang memicu Annie untuk melarikan diri dan memilih untuk mencari orang tua yang entah ga ada kabarnya.

Ah, jadi pingin baca cerita dengan tema serupa lagi.
3 komentar on "Annie"
  1. Saya kira buku ini punya cerita yang manis khas anak kecil. Tapi dari penjelasan di atas, rasanya lebih banyak drama hidupnya ya. Meski begitu, saya masih mau baca buku ini juga.

    BalasHapus
  2. Jadi makin pengen bacaaa. Udah masukin Annie di wish list tapi blm sempet beli.. Jadi pengen bacaaa

    BalasHapus
  3. Sangat menarik. Mestinya cepat-cepat beli dan baca tetapi masih ada kesibukan lain ....

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,