Oktober 05, 2016

[Review] You Are My Moon




Judul Buku : You Are My Moon
Penulis : Rompaeng
Penerjemah : Suchada Ung-Amporn, Wisnu Wardhana
Penerbit : Haru
Cetakan pertama : September 2016
Tebal : 296 halaman, paperback
ISBN : 978-602-7742-81-9



 Terkadang, bahkan ketika kau tahu kau akan tersakiti, kau tetap ingin mengambil risiko. Iya, kan?

Hidup Darika berubah setelah kejadian demi kejadian baik menimpanya. Berawal dari menyelamatkan seorang pemuda dari serbuan seorang wanita yang terlihat tidak baik-baik, Darika malah dipekerjakan menjadi sekretaris pribadi pemuda tersebut. Juntharakan, nama si pemuda, adalah seorang putra dari keluarga bangsawan di Thailand. Tampan, kaya, cerdas, dalam usia yang masih muda, ia telah menjadi idola banyak wanita. Darika bertugas untuk menjaga Jun dari godaan Pitchaya- istri dari sepupu Jun- yang dengan tak tahu malu  terus mengejar Jun meski suaminya masih hidup. Pitchaya selalu mencari celah untuk meyakinkan Jun bahwa mereka seharusnya menjadi sepasang kekasih.

Pekerjaan Darika ini ternyata juga didukung oleh kedua orang tua Jun, Ny. Dao dan Tuan Juntharapanu. Mereka tidak menyukai kelakuan Pitchaya dan sebenarnya juga berharap agar Jun segera menemukan calon istri. Pemuda itu tidak menunjukkan minat untuk mencari pacar sehingga membuat orang tuanya khawatir akan penerus keturunan mereka.


Darika tadinya menolak untuk menjadi sekretaris pribadi, ia telah memiliki pekerjaan yang layak dan menyenangkan. Bos yang ramah dan gaji yang lumayan. Meski berkecukupan, Darika hidup dengan amat sangat hemat. Ia tinggal di apartemen di pinggir kota, ia makan seadanya, memanfaatkan promo gratisan di supermarket dengan gencar, dan sebagainya.

Keluarganya memang miskin, kakek dan ibunya tinggal di rumah yang terbuat dari kayu peti mati yang tak terpakai lagi. Ayah Darika berselingkuh dan menikahi wanita lain tersebut, setelah itu ia pergi dari kehidupan Darika. Pernikahan orang tua yang tidak berhasil itu membuat Darika tidak pernah mempercayai cinta maupun pernikahan. Bagi Darika, jika kelak ia menikah nanti, ia akan menikahi seorang pria kaya dan menggunakan harta tersebut untuk membahagiakan kakek dan ibunya.

Tawaran menjadi sekretaris itupun diambil karena Darika tergoda dengan bayarannya yang tiga kali lipat gajinya sekarang. Apalagi tidak selamanya ia menjadi sekretaris, hanya beberapa bulan, setelah itu ia bisa kembali ke pekerjaan lamanya. Jadi ya tentu saja ia menyetujuinya.
Tapi lama kelamaan, ia merasakan perasaan nyaman saat di dekat Jun, demikian sebaliknya. Lalu bagaimana akhir kisah mereka? Bukankah Darika begitu tidak mempercayai akan cinta dan pernikahan?


Tadinya di awal cerita saya cukup khawatir dengan banyaknya tokoh yang disebutkan. Ada banyak nama yang cukup asing dan meskipun diberikan penjelasan berupa catatan kaki, saya masih sesekali lupa yang mana yang pria dan yang mana yang wanita. Tapi seiring berlalunya cerita, saya jadi paham tokoh tokohnya. Bagi saya karakter Darika dan ibunya Jun adalah yang paling menarik.

Dalam cerita disebutkan bahwa Darika dan Praguydao memiliki sifat yang mirip. Keduanya ceplas-ceplos, cuek, berani, dan tegas dalam mempertahankan prinsip mereka. Padahal dua duanya wanita, meski yang satu kaya dan satunya lagi dari keluarga tak mampu, tetapi kesamaan karakter ini membuat mereka unik sekaligus cepat memahami satu sama lain.


Selain itu, buku ini membuat saya lebih mengenal kehidupan bangsawan di Thailand. Keluarga yang kaya raya, anak anak yang tampan dan cantik jelita, tetapi tidak semuanya berhati buruk. Tidak semuanya semena mana terhadap rakyat biasa. Yang saya suka dari keluarga Jun adalah betapa harmonis dan blak blakannya mereka. Mereka juga tidak meremehkan Darika yang berasal dari keluarga miskin.  

Nah, selain karakter yang unik, hal Yang membuat saya suka dengan buku ini adalah alurnya yang cepat dan konfliknya ringan. Cara bercerita yang asyik serta humor yang sesekali cukup konyol membuat saya sesekali tersenyum sekaligus pengen segera mengetahui akhir ceritanya.

Bagus kaaan? Nah, Penasaran juga? Kamu bisa ikut giveawaynya di sini.



8 komentar on "[Review] You Are My Moon "
  1. Bagus ka. Bahasanya rjngaaan, jadi lebih kebayang tentang sosok si Darika.
    Semogaaa rasa penasaranku berbalas lah. Dapat giveaway kali ini.

    BalasHapus
  2. Setelah baca review ka Alvina saya tertarik untuk membaca novel You Are My Moon. Sebelumnya saya belum pernah baca atau koleksi novel terjemahan dari penulis Thailand. Kisah cinta yg terjalin antara Jun dan Darika yg berlatar pemuda kaya dan gadis miskin sebenarnya bukan hal baru dari tema sebuah novel,tetapi selalu ada keseruan tersendiri kalau membaca sebuah novel baru.
    Jadi penasaran ingin membacanya,mumpung ada blogtour nya jadi bisa nimbrung siapa tau beruntung dapetin novelnyašŸ˜Š

    BalasHapus
  3. Gini nih, kalau udah baca review novel bawaannya pengen beli mulu. Makasih loh kak, reviewnya. saya bisa jadi tau sedikit bocoran ceritanya.. kekekeke

    BalasHapus
  4. Baca namanya mmg sulit bedakan cewek sama cowok. Apalagi yg pas diucapin nggak biasa. Tapi masih penasaran sih sm Thai Story pertama haru ini, jarang2 kan cowok diselamatin cewek hehehe.

    BalasHapus
  5. sama seperti novel terjemahan asia lainnya, kesan pertama adalah kita bakalan bingung untuk membedakan nama tokoh satu dengan tokoh lainnya, karena asing haha, aku sering seperti itu

    BalasHapus
  6. Semoga saja berkesempatan mengenal keluarga bangsawan Thailand baik hati ini ;)

    BalasHapus
  7. Thailand emang banyak lucu dan romantisnya!

    BalasHapus
  8. Praguydaoitu siapa? Emaknya Jun ya? Kalo nama tokoh sih udah pasti bingung. Nama mereka tuh asiiingg banget. bacanya ribet apalagi manggilnya. Tapi ya namanya juga novel bukan cerpen. Ntar juga pasti paham-paham laahh.. Dan ada saaatnya kita ngebolak-balik halaman karena lupa ini nama punya siapa kok ngebingungin ceritanya.. hahaha... Ada yg ngrasain hal yg sama pas baca nama tokoh yg susah diinget??

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,