Oktober 18, 2016

The Girl on Paper






 Judul Buku : The Girl on Paper
Penulis : Guillaume Musso
Penerjemah : Yudith Listiandri
Penerbit : Spring
Cetakan pertama : September 2016
Tebal : 448 halaman, paperback
ISBN : 978-602-74322-4-6

Kurasa itulah makna semua cinta pada akhirnya : keinginan untuk mengalami semua hal bersama-sama, belajar dari perbedaan satu sama lain.

Setelah beberapa bulan terakhir berada di puncak kejayaan karir menulisnya, kali ini Tom Boyd benar-benar terjerumus ke dalam masalah besar. Semenjak putus dengan Aurore -seorang pianis wanita yang menolak lamarannya- perlahan-lahan Tom mengalami depresi dan kehancuran karir. Ia tidak mau menulis lagi meskipun kontrak dengan penerbit menunjukkan bahwa Tom masih berutang satu buku lagi untuk diterbitkan. Tom mulai mengonsumsi obat-obatan penenang, tak mau keluar rumah apalagi bertemu dengan orang lain. Ia sibuk mengurung dan mengasihani dirinya sendiri di dalam rumahnya yang megah.

Di saat terpuruk itu, seorang gadis muncul di teras rumahnya dan memperkenalkan diri sebagai Billie Donelly, tokoh utama dalam novel berseri yang ditulis Tom. Tentu saja Tom tak percaya, bagaimana bisa seorang tokoh fiksi menjadi seorang manusia nyata? Tapi setelah menanyakan berbagai macam hal, termasuk rahasia-rahasia terkecil tokohnya yang belum dibagikan kepada pembaca, Tom mulai merasa tak nyaman. Gadis yang mengaku sebagai Billie itu berhasil menjawab semua pertanyaannya dengan tepat.

Billie bercerita bahwa ia terjatuh dari novel Tom yang salah cetak. Ada seratus ribu kopi novel yang tercetak hanya sampai pertengahan buku dan berhenti di kalimat berikut.

“Kumohon, Jack, jangan pergi seperti ini.”

…..

…..

“Kumohon!” seru gadis itu, jatuh

Billie mengaku karena halaman yang tak terselesaikan itulah ia terjatuh dari dunia fiksinya. Dan satu-satunya cara untuk mengembalikannya ke dunia fiksi adalah terbitnya buku ketiga, di mana kisah tentang Billie berlanjut sebagai tokoh utamanya. 

Setelah Billie membantu Tom melarikan diri dari psikiater,  sebuah kesepakatan dibuat. Tom akan menyelesaikan naskah untuk buku ketiganya sementara Billie akan membantunya mendapatkan Aurore kembali. Tapi berhasilkah mereka? Apakah Tom benar-benar akan membantu Billie?



Saat pertama mengetahui bahwa Spring menerbitkan buku ini, saya amat terkejut sekaligus senang! Soalnya, saya nggak ngira kalau Spring bakal melirik novel Prancis juga, secara akhir-akhir ini kebanyakan novel dari Amerika yang diterjemahkan.

Novel ini selesai saya baca dalam dua hari saja.  Selain alurnya yang cepat dan bikin penasaran, saya suka dengan karakter Billie dalam cerita. Billie adalah seorang wanita yang tangguh dan keras kepala. Tekadnya kuat dan ia cerdas dalam mengambil sebuah keputusan. Billie juga seorang pendengar yang baik, juga seorang pemberi komentar yang jujur dan ceplas ceplos. Selain itu, ia juga seorang gadis yang periang dan pendukung yang baik.

Sepertinya sosok yang sempurna kan? Tapi si Billie ini sebenarnya diceritakan menghadapi hal yang sengsara dalam novel-novel Tom yang telah terbit. Billie jatuh cinta kepada seorang lelaki yang telah berkeluarga, Billie menghabiskan waktunya sebagai perawat dan berhubungan setiap hari dengan mereka yang kesakitan dan depresi. Singkatnya, di dalam cerita Tom, Billie memiliki hidup yang menderita.

Selain Tom dan Billie, novel ini juga menceritakan kisah Carole dan Milo, dua sahabat Tom sejak kecil ketika mereka bersama-sama hidup miskin, dikelikingi oleh pertengkaran antarkelompok setiap hari juga memiliki keluarga yang tak memberikan cinta. Carole dan Milo tak memiliki karakter yang luar biasa, Milo digambarkan sebagai sosok sahabat yang berwatak playboy dan Carole adalah polisi wanita yang berdedikasi terhadap sahabatnya. Kedua tokoh ini ikut memberi warna petualangan dalam novel The Girl on Paper, terutama ketika keduanya harus menemukan buku Tom yang hilang.

Sebagai seorang pembaca, adalah hal yang membahagiakan dapat membaca buku yang menceritakan kisah seorang penulis dan tokoh yang ia ciptakan. Jarang-jarang nemu buku kayak gini kan? Apa yang saya bayangkan sepertinya juga sama seperti Musso, bahwa ketika tokoh fiksi keluar dari dalam cerita dan menjadi nyata, ia akan mengungkapkan berbagai kekesalannya kepada si penulis XD

Hal yang menarik lainnya dari buku ini adalah tentang kalimat-kalimat manis yang ada dalam cerita. Nggak nggombal sih, karena bukan itu tujuan kalimatnya. Terus ada humor-humor ringan juga dalam buku, yang membuat saya cengar-cengir sendiri saat membacanya. 

Pada akhirnya, saya menyukai buku ini karena mengajarkan tentang cinta, persahabatan, serta rasa memiliki. Juga tentang hubungan antara penulis-tokoh fiksi-pembaca yang tercipta dalam setiap karya cerita. Seperti yang disebutkan oleh Voltaire, “Buku-buku yang paling berguna adalah buku-buku yang para pembacanya mengarang setengahnya.” Bahwa sebuah buku akan menjadi buku yang sebenarnya setelah ia dibaca dan memiliki hubungan dengan pembaca. Tokoh-tokohnya akan selalu hidup di benak dan hati mereka meski cerita tersebut telah berakhir.

Penasaran pingin baca novel ini juga? Simak Giveawaynya di sini ya :


4 komentar on "The Girl on Paper"
  1. Idenya unik dan langka, bikin penasaran :) :)

    BalasHapus
  2. Sebenernya ngga kebayang saat tiba-tiba Billie ada dihadapan Tom,kaget banget kali ya. Cerita ini unik,dan sepertinya ngga bosenin,setiap saya baca review ratingnya rata2 diatas 4 dari 5. Whish list aku nih,bisa ngga ya nangkring di rak buku jadi koleksi??😊

    BalasHapus
  3. Ini adalah novel pertama yang aku tahu menceritakan kisah penulis dan tokoh rekaannya. Sebelumnya baru namatin nonton drama W, dan jadi penasaran apakah perbedaan novel ini dan drama W. Apalagi di blog sebelah bilang ini bukan novel fantasi. Padahal sejak baca review dan blurb sudah berpikir ini fantasi...jadi bingung kan? :D

    Penasaran dengan perjalanan Tom dan Billie jadinya.

    BalasHapus
  4. kyaa wish list kuuu, masih dengan review bagus dan selalu bagus. jadi semakin penasaran 😍

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,