Desember 26, 2017

The O Project



Judul Buku : The "O" Project
Penulis :  Firliana Purwanti
Penerbit : KPG
Cetakan Pertama : Maret 2010
Tebal : 142 halaman, baca di SCOOP


Buku ini pertama kali saya tahu judulnya lewat twit seorang teman di timeline. Judulnya langsung membuat saya penasaran, kenapa saya ngga pernah denger buku ini ya padahal termasuk buku lama. 

Banyak hal tentang orgasme wanita yang dikupas di dalam buku ini, beberapa berdasar literatur dan beberapa berdasar wawancara langsung si penulis dengan wanita dari berbagai kalangan. Bab pertama membahas tentang sunat wanita yang masih dipraktikkan di beberapa daerah sampai saat ini di Indonesia. Lewat bab ini saya baru tahu kalau Departemen Kesehatan RI telah mengeluarkan surat edaran yang melarang sunat wanita sejak tahun 2006. 



Bab berikutnya membahas tentang keperawanan yang overrated. Saya pribadi juga setuju sih dengan overrated ini. Konon katanya kalau saat bersenggama di malam pertama si wanita ini tidak mengeluarkan darah, maka dia dianggap tidak perawan lagi. Padahal selaput dara itu ketebalannya bermacam macam, jadi Ngga berdarah bukan berarti udah ngga virgin lagi. Selain itu kalau wanita "dilabeli" dengan selaput daranya, gimana dengan laki laki? Mereka bisa aja dengan bebas bilang masih perjaka karena ngga ada yang bisa "dilabeli". Kan. Bikin kesel kan. 

Bab ketiga membahas tentang orgasme perempuan. The Jakarta Globe pada edisi Desember 2009 mengutip sebuah penelitian kalau 77% wanita Indonesia tidak merasa puas dengan kehidupan seksualnya, sedangkan lelaki sebesar 64%. Bab ini membahas bagaimana seorang wanita bisa mendapatkan orgasmenya dan apa saja yang perlu diketahui pasangannya agar bisa membuat si wanita ini orgasme. Hng.. Di sini juga dijelaskan peristiwa orgasme sih, tapi seperti kutipan di hal.41 

Orgasme perempuan itu seperti bersin. Jika perempuan sudah merasakannya, maka ia akan mengetahuinya. Jika belum, upaya menjelaskan orgasme seperti menjelaskan pelangi kepada orang buta.


Bab berikutnya membahas tentang poligami, nah yang ini baca aja sendiri nanti ya. Bab lainnya membahas tentang sexercise. Tentang bagaimana "penerimaan" kita dengan fisik kita sendiri sangat mempengaruhi kehidupan sex kita. 

Total ada 9 bab dalam buku ini, dan meskipun ada beberapa hal yang tidak saya setujui, tapi saya menghargai pendapat masing masing pribadi yang diceritakan di buku ini. Termasuk pendapat si penulis sendiri. Saya banyak berharap buku ini dibaca tak hanya oleh para wanita, tapi juga para pria. Seks sebaiknya bukan lagi hal yang dianggap tabu, melainkan sebagai pengetahuan. Orgasme itu indah, saudara-saudara!

2 komentar on "The O Project"
  1. Penasaran pengen baca juga, tfs kaka

    BalasHapus
  2. Aku akhirnya kemarin baca buku ini juga, setelah lihat di statusmu

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,