Juli 15, 2018

Menyiapkan Hari pertama Sekolah secara Lebih Baik dengan cerita Bergambar



Menjelang tahun ajaran baru, biasanya ibu-ibu macam saya ini sibuk ngurusin printilan buat anak sekolah. Mulai dari seragam, sepatu, tas, tempat makan, dan masih banyak lagi. Padahal selain mempersiapkan barang-barang tersebut, ada yang penting juga yaitu menyiapkan semangat anak terutama di hari pertama sekolah. Konon katanya, kesan pertama begitu berharga, jadi kalau hari-hari pertama anak di sekolah menyenangkan, adalah hal yang mungkin kelak anak akan makin semangat untuk pergi sekolah. 

Salah satu cara sederhana adalah dengan mengenalkan anak dengan buku bacaan.
Kenapa buku?  Dan bagaimana sebuah buku bisa membantu kita mempersiapkan anak di hari pertama mereka sekolah?  Nah, ini beberapa alasannya.




 1.  Memberi gambaran bagi anak tentang apa saja yang akan ia lakukan saat sekolah nanti 
Beberapa buku anak mengambil tema ini sebagai dasar cerita mereka. Pilihlah buku yang tidak terlalu tebal dan bergambar, sehingga anak bisa dengan mudah membayangkan kegiatan kegiatan apa saja yang mungkin ia lakukan nanti bersama guru dan teman teman barunya. Buku buku seperti ini biasanya menggunakan beberapa kata kunci di judulnya, sekolah, bermain, teman, guru, dan sebagainya, yang bisa anda gunakan saat mencari buku buku bertema serupa.

 2.  Mengenalkan anak kepada huruf dan kata kata sederhana
Sambil membaca, kenalkan huruf dan kata kata sederhana kepada anak. Ngga perlu intens, yang penting konsisten. Saya percaya anak menjadi lebih sadar akan pentingnya buku melalui kebiasaan. Untuk membuat anak suka dan nyaman, pilih buku yang sesuai kemampuan mereka. Buku cerita anak biasanya disertai tingkat kesulitan bacaan, misalnya untuk kategori prapembaca, buku cerita didominasi oleh gambar dengan jumlah kata yang terbatas di setiap halamannya -- biasanya, berupa kalimat tidak lengkap atau bahkan hanya berupa suku kata atau satuan huruf. Prioritas kita sebagai orang tua adalah membangun minat baca, bukan kemampuan baca.

Memang ada beberapa pendapat yang bertentangan perihal kapan usia yang tepat mengenalkan huruf pada anak. Saya sendiri berpendapat pada usia berapapun boleh, asal anak enjoy dan merasa nyaman saat melakukannya.

 3.  Mengenalkan anak tentang pengetahuan dasar lainnya 
Beberapa buku mengambil tema bentuk, warna, nama-nama hewan, kendaraan dan banyak benda lainnya yang bisa kita kenalkan pada anak. Semakin banyak pengetahuan anak tentang hal hal baru, saya yakin ia akan lebih percaya diri ketika memulai hari pertamanya di sekolah.

 4.  Menyiapkan bekal anak
Nah, kalau yang ini bakal lebih asyik lagi kalau menyiapkannya bersama sama si anak. Kita bisa memilih cerita cerita dengan tema masakan di dalamnya, lalu tanyakan ke anak, menu yang mana yang akan ia pilih untuk dibawa ke sekolah. Lebih asyik lagi kalau saat belanja dan memasak, anak juga ikut terlibat, jadi anak bisa bangga membawa bekalnya sendiri.

Jika kita tidak sempat mencari buku buku tersebut di toko buku, jangan khawatir, ada banyak aplikasi untuk membaca e-book, baik dengan berlangganan, membelinya terlebih dahulu atau dengan akses perpustakaan digital. Nah salah satu aplikasi yang saya pakai adalah Let's read yang bisa didownload di play store dan app store.



Aplikasinya gratis, juga download buku gratis. Cerita ceritanya juga beragam, dari tentang kehidupan sehari hari sampai cerita penuh imajinasi. Sebagian besar buku juga tersedia dalam beberapa bahasa pengantar cerita selain bahasa Indonesia, sehingga anak anak juga dapat mengenal kosa kata baru yang sederhana. Beberapa buku juga mengenalkan bentuk dan warna dalam ceritanya, sehingga anak saya, contohnya, tak hanya belajar mengenal kosa kata tetapi juga tahu lebih awal hal hal yang akan diperkenalkan ketika ia di PAUD nanti. Ini akan menambah pengetahuan dan meningkatkan rasa percaya diri anak, misalnya saat ia diberi pertanyaan oleh guru di kelas.

 Bagi saya, penting untuk menanamkan kebiasaan anak untuk membaca. Selain melatih kemampuan mereka untuk berkonsentrasi, basic learning juga didapatkan dari membaca dan kelak bermanfaat saat mereka duduk di bangku sekolah. Jadi tunggu apalagi? Mari Membaca ;)









Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,