Januari 04, 2012

Catching Fire


Judul Buku : Catching Fire – Tersulut-
Penulis : Suzanne Collins
Alih bahasa : Hetih Rusli
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : Juli 2010
Tebal : 424 halaman
ISBN : 978-979-22-5981-0
Kisah Katniss Everdeen ternyata belum berakhir meskipun ia bersama Peeta telah memenangkan perlombaan Hunger Games. Setelah kemenangannya yang membuat banyak pihak resah, mulai timbul pemberontakan di beberapa distrik sebagai bentuk perlawanan mereka terhadap Capitol. Yak, semuanya hanya karena buah berry yang dijadikan senjata menjelang berakhirnya pertempuran mereka kemarin.
Karena mereka dianggap memberontak oleh Presiden Snow dan adanya keyakinan di masyarakat umum bahwa Katniss dan Peeta adalah sepasang kekasih, maka Presiden Snow mendesak Katniss untuk ambil bagian dalam menenangkan rakyat yang berontak. Terutama dalam Tur Kemenangan yang diadakan Capitol untuk merayakan pemenang Hunger Games. Sialnya, semua sandiwara Katniss dan rahasia-rahasia hatinya terbongkar oleh Presiden Snow, yang menjadikan hal tersebut sebagai kunci dalam mengendalikan Katniss. Tentu saja dengan ancaman bahwa jika Katniss berbuat macam-macam, maka orang-orang yang disayanginya akan berakhir dengan kematian.
Katniss tentu saja berusaha ”membahagiakan” Presiden Snow, tapi mungkin memang sudah sifatnya yang memberontak, hal-hal yang refleks dilakukannya tetap saja membuat pemberontakan lebih kacau lagi. Terlebih setelah ia menjadi ikon bagi mereka yang melawan Capitol.
Presiden Snow tentu adalah orang yang paling berkuasa, karena kemudian ia menetapkan peraturan baru untuk Quarter Quell, pertandingan Hunger Games berikutnya yang tentu membuat banyak orang terkesima.
Berhasilkah Katniss menyelamatkan orang-orang yang ia cintai dari ancaman kematian Presiden Snow? Mampukah pemberontakan yang semakin melebar di beberapa distrik tersebut menggulingkan Capitol?
Serta pertanyaan terakhir, siapa yang tersisa dalam pertandingan Quarter Quell berikutnya?
Seperti buku pertama, Penulis dengan piawai membuat pembaca penasaran akan apa yang terjadi dengan Katniss selanjutnya. Ditambah aksi dan lokasi Quarter Quell yang dijabarkan cukup rinci dan unik, menambah ketegangan yang berlangsung di buku ini. Tidak seperti di buku pertama, buku kedua ini menurut saya lebih banyak menyorot tentang pemberontakan yang sebenarnya, tentu melibatkan banyak korban jiwa. Ending Quarter Quell cukup mengejutkan karena saya pikir akhir yang diperoleh mungkin akan semanis buku pertama. Penulis juga mampu membuat saya sebagai pembaca setengah kesal karena keplin-planan Katniss dalam hal cintanya terhadap Gale, atau mungkin terhadap Peeta? Entahlah, yang pasti saya sudah tidak sabar menantikan buku ketiganya terbit bulan ini.

5 bintang untuk Catching Fire!!
3 komentar on "Catching Fire"
  1. Another 5 star!! Yaaay!

    Haha, akhirnya selesai juga. Tinggal tunggu MJ ya mba!

    BalasHapus
  2. iya,, semangat nabung!! :D

    BalasHapus
  3. Mockingjay harganya lebih mahal dari 2 seri sebelumnya yah .. :(

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,