Januari 23, 2012

Clara's Medal


Judul Buku : Clara’s Medal
Penulis : Feby Indirani
Penerbit : Qanita
Cetakan Pertama ; September 2011
Tebal : 484 halaman
ISBN : 978-602-922-504-4

Anda pasti punya cita-cita kan? Saya punya, pingin jadi astronot. Aneh? Banyak yang bilang begitu. Tapi toh saya tak ambil pusing. Itu kan cita-cita saya, jadi yang berjuang untuk meraihnya kan juga saya, bukan mereka.

Di buku ini, diceritakan ada banyak anak-anak muda Indonesia yang punya cita-cita sama. Ingin membawa pulang medali Olimpiade Fisika tingkat Internasional. Iya. FISIKA. Keren kan? Nggak sedikit orang yang menganggap pelajaran ini adalah hantu mengerikan, termasuk saya. Tapi tenang saja, novel ini tidak kebanyakan membahas fisika kok. :)

Clara Wibisono adalah pelajar SMA yang terdaftar ke dalam calon peserta yang akan mewakili Indonesia di Olimpiade tersebut. Baru calon, sebab masih akan diseleksi hingga tersisa 12 orang yang akan berangkat ke Singapura, tempat olimpiade tersebut diadakan. Nah, tempat penggemblengan mereka itu adalah di FUSI (Fisika Untuk Siswa Indonesia). Ada 16 pelajar terpilih dari seluruh wilayah Indonesia yang digembleng di tempat tersebut. Clara adalah satu-satunya calon perempuan yang ada di asrama tersebut. Bisa dibayangin nggak, tinggal bersama 15 anak laki-laki ?

Untungnya, Clara bukanlah satu-satunya perempuan dalam asrama tersebut. Masih ada Bu Mirna dan Bu Atik yang membantu mengawasi siswa yang dalam tahap “penggodogan” itu.

Di asrama ini kisah Clara dan kawan-kawannya diceritakan. Bagaimana perjuangan mereka memperebutkan tempat agar bisa punya kesempatan untuk pergi ke Olimpiade. Penggemblengan habis-habisan, buku dan soal-soal yang terus dikerjakan serta bagaimana cara mereka me-refresh pikiran yang dijejali soal-soal tersebut.

Sayangnya, beberapa minggu sebelum keberangkatan, FUSI digegerkan dengan penangkapan Bagas, salah satu calon peserta yang diunggulkan, oleh Polisi. Ia ditahan di balik bui karena melanggar undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik), yang membuat Bagas terancam batal berangkat.

Bukan hanya itu, sponsor FUSI pun mulai pergi satu-satu karena tidak mau ikut tercemar nama baik mereka atas peristiwa Bagas. FUSI di ujung tanduk, belum lagi tuduhan dari banyak pihak yang menyudutkan Prasetyo, salah satu pendiri FUSI. Mampukah FUSI memberangkatkan tim mereka ke Olimpiade?

Cerita yang ringan pandai dikemas Penulis, ia mampu membuatnya menjadi tidak membosankan untuk disimak. Unsur persaingan dan persahabatan juga dapat disatukan dengan apik, bahkan penulis juga menyisipkan cerita cinta khas anak muda. Meski endingnya nggantung XD.

Sedikit hal yang mengganggu saya adalah di beberapa bagian “fakta dan science” yang disisipkan di dalamnya. (pada halaman 252), Setahu saya, sifat konduktor, isolator atau semikonduktor ini bukan ditentukan banyak atau sedikitnya jumlah electron. Tetapi berdasarkan band gap atau di buku ini disebut celah tenaga. Semakin besar band gap-nya, maka ia akan semakin sulit menghantarkan listrik, karena itu disebut isolator. Semakin kecil band gap-nya, bahkan jika saling berimpitan, disebut konduktor.
Lalu di halaman 343, pada percobaan gunung berapi. Penambahan cuka ke larutan di dalam “botol” --> apa ini mungkin maksudnya ke dalam gunung berapi buatan tersebut? Tapi kalau memang benar "botol" tulisannya, botol yang mana ya? Dan reaksi penetralan asam, bukan berarti menjadikannya basa. Tetapi “menetralkan”, artinya TIDAK menjadikannya basa (baris ketujuh). Kecuali kalau mau dijelaskan bahwa yang terbentuk adalah basa konjugat dari asam lemah (CH3COOH). *aduh malah kimia banget* T_T
Sesuai reaksinya CH3COOH + NaHCO3 --> CH3COONa + CO2 + H2O

Sedikit saja koreksi saya, dengan tujuan agar meskipun science lebih diceritakan menarik di buku ini, tapi tidak mengurangi pembelajaran yang sebenarnya.

Ow, satu quote Einstein yang saya suka yang ditulis di halaman awal buku ini :
"Saya sangat yakin bahwa prinsip-prinsip semesta akan sangat indah dan sederhana."

3,5 bintang untuk Clara’s Medal. :)
1 komentar on "Clara's Medal"
  1. LOL, begini deh kalau naskah sains dalam fiksi ketemu expert sains asli =))

    I love that quote too~ :D

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,