Juli 22, 2012

A Long Long Sleep


Judul Buku : A Long Long Sleep
Penulis : Anna Sheehan
Penerjemah : Barokah Ruziati
Penyunting : Ida Wajdi
Penerbit : Atria
Cetakan Pertama : Juni 2012
Tebal : 400 halaman, paperback
ISBN : 978-979-024-499-3

Rasanya pasti menyenangkan kalau kita bisa tidur lamaa tak terganggu lalu bangun-bangun semua permasalahan yang kita hadapi telah lenyap. Betulkan? Ya, tadinya saya juga pernah punya keinginan seperti itu, tapi setelah membaca kisah Rose di buku ini, saya perlu memikirkan keinginan itu lagi. Yeaah, seperti pepatah bilang ”Be careful what you wish for”

Rosalinda Samantha Fitzroy bangun dari tidur panjangnya di tabung stase di lantai bawah tanah apartemen tempat tinggalnya. Ia dibangunkan oleh Bren, seorang putera keturunan CEO perusahaan UniCorp, perusahaan paling berpengaruh di dunia, bahkan juga di antarplanet. Begitu Bren tahu bahwa gadis yang dibangunkannya itu adalah Roalinda Fitzroy, Bren panik dan segera memanggil bantuan. Wajar saja jika Bren panic, sebab Rose ternyata telah tidur selama 62 tahun. Orangtua gadis itu dikabarkan telah meninggal saat Zaman Gelap melanda bumi. Zaman ketika berbagai penyakit serta mutasi genetik berpengaruh besar terhadap kematian manusia. Zaman yang kemungkinan besar juga bertanggung jawab terhadap hilangnya, Xavier, sahabat dan kekasihnya sebelum Rose masuk tabung stase.

Rose yang dihadapkan pada masa yang puluhan tahun ke depan dan berkembang sangat terpukul dan shock. Meski orang tuanya dulu adalah pemilik dan pendiri UniCorp, yang berarti kelak Rose lah yang akan meneruskan tampuk kepemimpinan itu, tapi ia masih belum dapat menerima kenyataan di sekelilingnya dengan baik. Ditemani Bren, Rose berusaha keras agar dapat dterima oleh semua orang, termasuk orang tua angkatnya yang baru, Guillory ~ presiden Unicorp sekarang ~ , orang tua Bren, juga reporter-reporter media massa yang selalu ingin tahu akrivitas ‘Sang Putri Tidur yang telah bangun’ itu. 

Yang lebih parah adalah adaptasinya dengan lingkungan sekolah. Teman-temannya selalu canggung jika duduk di dekat Rose, meskipun ada Bren yang selalu mengajaknya berbicara, lalu para guru yang diberikan perintah oleh Guillory untuk ‘memaklumi’ keadaan Rose menjadikan Rose semakin tak enak hati. Tapi di antara mereka semua, ada Otto, makhluk alien dari proyek Europe ~ dengan modifikasi DNA~ berkulit biru dan bisa membaca pikiran, yang sedikit menjauhi bahkan terkesan takut jika ada Rose.

Seakan semuanya tidak cukup buruk, ada makhluk lain yang mencoba ‘memusnahkan’ Rose. Mampukah Rose bertahan menghadapi perubahan masa di sekitarnya? Dan menemukan fakta yang cukup menyakitkan tentang dirinya, tentang hidupnya, dan tentang orang-orang yang dulu ia sayangi?

Membaca buku ini pada awalnya membuat saya cukup sering mengerutkan kening. Selain bahasa asing semacam ~stase, kondisi stasis, perusahaan antarplanet~ , terjemahan di awal cerita agak sedikit.. kaku. Mungkin karena di cerita, saat itu mereka lebih suka menggunakan bahasa slang seperti ~ selangit, Coit, Kau sadari semua, itu hangus, dan beberapa kata lain yang cukup ‘slang’~

Tapi begitu sampai di pertengahan cerita, saya hampir tidak bisa melepaskan buku ini untuk berhenti dibaca. Awalnya saya kira ini hanya kisah putrid tidur yang ada di era dystopia, masa depan yang lebih modern, Dengan kisah cinta yang sama dan akhir cerita yang bahagia. Yeah, kalau cerita datar itu yang kamu harapkan ada di buku ini, kamu salah besar.

Alur ceritanya lambat, terkadang maju mundur, tapi kalau kamu bertahan membaca sampai separuh buku, kamu akan mendapat kejutan. Tentu saja seperti khas cerita young adult, ada kisah cinta remaja di dalamnya. Terutama kisah cinta antara Rose dan Xavier, kekasihnya di masa lalu. Ide ceritanya memang terkesan sederhana di awal, tapi penulis mampu dengan baik membangun konflik meski baru di pertengahan cerita konflik itu dimulai. Konflik yang membuat saya penasaran dan gemas sama kepolosan Rose, sikap dia yang selalu meminta maaf, yang selalu ingin terlihat baik di mata semua orang.

”Aku melakukan apa yang mereka minta dariku. Hanya itu yang terpikir untuk kulakukan.”-Hal.35

Bagaimana?

Anda penasaran dengan kisah ’Putri Tidur’ ala Ana Sheehan ini?
Silakan baca dan nikmati saja perjalanannya.. :)

-Tambahan-

Hai, kemarin aku berkunjung ke website penulisnya di sini


terus nyoba komentar di sana dan ternyata di mbalas lewat email :D *Seneng banget hihi
 So, here is the message :

Hi Anna, my name is Alvina. I am a book blogger, book reviewer and i live in Indonesia. Today i just finished read your book, a Long Long Sleep.
at the first time, i was not so much interested, the sleeping beauty idea i think so simple.
But i got to much surprise, especially in the end of book.  :)
Are you gonna write the next stories? Probably about Rose's sister or Brother?
I'll love to wait your next story, of course.

Sincerely,
@alvina13
Dan ini jawabannya :D

Hello, Alvina.
A sequel is in the works, but it will be some years coming, and I don't know if it will sell in Indonesia yet.
Yes, the story did get much more complex. I've heard many times that the book starts slow, but interesting things often do.
Thank you for letting me know what you thought!
Anna.

:D
5 komentar on "A Long Long Sleep"
  1. Udah pernah baca tentang buku ini dari penerbitnya atau dari mana gitu di twitter, nggak tertarik sih karena kirain ceritanya datar. Gitu-gitu aja... cuma kayaknya diriku salah ya????

    BalasHapus
  2. tadinya sih gak niat karena mikirnya YA biasa. Eh pas tau dystopia malah jadi penasaran :D

    BalasHapus
  3. ahhhh pengen deh buku ini =) kayanya seru yah...btw jadi sedikit inget across the universe yang tokoh utamanya juga bangun di masa depan, hehe

    BalasHapus
  4. @ Putri, Mbak Dewi : hehe.. iya put. tadinya kupikir garing beggitu.. tapi ternyata lumayan juga. sayangnya ngga dari awal keseruan itu dimulai -___-

    @ Mbak Astrid : aaah, membuatku makin pingin baca buku ituuuhh

    BalasHapus
  5. Makasih yaa ^_^

    Aku paling ngeri emang bagian nerjemahin kata-kata slang masa depan itu, takut jadinya aneh. Mudah-mudahan nggak bikin ilfil ya bacanya :)

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,