Januari 11, 2013

Agatha Christie Blog Event



 Hai-hai..
Kali ini saya mau ikutan event di blog Sel-sel Kelabu

 
 Yup. event tentang Agatha Christie, yaaah.. bagi para pencinta literatur detektif pasti sudah ngga asing donk dengan nama ini? :)


Kamu juga suka cerita detektif? Well, samaan donk kayak sayaa.. :D Menurut saya, cerita detektif itu menegangkan, menghibur tapi juga menambah pengetahuan. Yang lebih asyik adalah ketika membaca sebuah cerita detektif, pembaca juga seakan turut berperan menjadi detektif dari kasus tersebut. Harus jeli menganalisis alibi, mencari bukti-bukti dan yang paling seru adalah kalau ternyata tebakannya benar di akhir cerita. Cerita detektif kadang juga penuh unsur kejutan, penuh misteri tapi bukan jenis misteri yang berbau klenik atau meremangkan bulu roma. Misterinya malah membuat penasaran, mengasah logika, tak jarang juga berusaha mencari titik temu dari dua hal yang jauh berbeda. Seorang penulis cerita detektif harus mampu menguasai alur cerita dan menceritakannya dengan baik. Mampu menggiring pembaca untuk merasakan ketegangan, keseruan cerita itu sehingga kita seolah-seolah turut serta di dalamnya. 

Mungkin karena kesulitan ini, makanya saya hanya mengetahui sedikit penulis di literatur detektif, apalagi dari Indonesia.. em.. sejujurnya saya belum pernah baca cerita detektif yang ditulis oleh penulis Indonesia. Buat saya sebagai penikmat literatur detektif, mereka yang menulis di bidang ini pasti melakukan banyak sekali riset di berbagai bidang, termasuk dalam mencari ide sebuah cerita, sehingga saya selalu salut kepada mereka. Cerita detektif umumnya juga berseri, dengan tokoh utama yang tetap sehingga pembaca juga tidak kesulitan untuk menemukan ciri khas tokoh utama tersebut, bakan kalau sudah pernah membaca ceritanya berkali-kali kita jadi seakan kenal dengan si tokoh utama yang biasanya detektif, tersebut :D



sumber : sherlock-holmes.org.uk

Tokoh detektif favorit saya adalah Sherlock Holmes, mungkin karena saya jauh lebih dulu mengenal kisahnya daripada tokoh-tokoh dalam literatur detektif lainnya. Holmes adalah seorang eksentrik yang berkepribadian kuat. Analisisnya tajam tapi kadang terlalu misterius untuk dipahami bahkan oleh rekannya, dr. Watson, sendiri. Holmes tipe lelaki yang cuek, pernah menjadi pemadat, pemalas, tapi begitu ia menghadapi suatu kasus, ia sangat total dalam menyelidiki kasus tersebut. Ia bisa seketika berubah menjadi seorang yang rajin mencari bukti, menanyakan ke sana sini untuk menegaskan alibi, dan pengetahuannya luas (tentu saja seorang detektif harus memiliki pengetahuan yang luas). Ia memahami reaksi kimia, sedikit tentang dunia medis, drama, literatur, yah..saya rasa dia sama kompleksnya dengan semesta :D



Saya mengenal kisah-kisah Holmes sejak SMP, bermodalkan uang saku biasanya saya menyewa di sebuah taman baca dekat rumah, tapi sayang kebanyakan koleksi mereka bukan novel detektif, jadi saya hanya tahu sedikit cerita tentang Holmes. Di SMA, saya berkenalan dengan kawan yang juga menyukai Holmes, dari dia saya mulai membaca koleksi-koleksi kasus Holmes lainnya meski saya juga masih belum mulai mengoleksi bukunya. Saat kuliah, saya sempat melihat kumpulan kisah Holmes di sebuah toko buku, saat itulah saya mulai mengoleksi buku-buku yang menceritakan tentang kisahnya. Tekad saya sih saya harus mengoleksi semua bukunya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, bahkan kalau memang ada saya juga akan mengoleksi novel versi bahasa Inggrisnya.






Holmes pula yang membuat saya memilih program studi ilmu kimia di universitas, karena kayaknya seru gitu menganalisis ini-itu lalu menemukan bukti-mengaitkannya dengan tersangka-mencocokkan dengan alibi mereka.



(sumber: wikipedia.org)


Yah, siapa tahu saya juga bisa jadi detektif kaya Holmes. Atau berkunjung ke museumnya di London XD

 
Saya baru pernah membaca satu novel Agatha Christie, judulnya Gajah  Selalu Ingat. kesan saya setelah membaca novel itu adalah saya penasaran akan karya Agatha lainnya, terutama yang memiliki tokoh utama Hercule Poirot. Di novel tersebut saya belum bisa menemukan gambaran luas tentang seperti apa Si Poirot ini, apa dia ahli dalam hal forensik juga atau mungkin dia hanya seorang detektif yang memiliki insting setajam.. emm.. pisau. Novel Agatha Christie juga membuat saya penasaran, apakah hanya ada Poirot dan Mrs. Ariadne Oliver. atau ada tokoh utama lainnya dalam kisah-kisah yang ditulisnya. 


Yang lebih membuat saya penasaran adalah karena ada banyak seri yang ditulis Agatha, tentu sambutan dari pembaca sangatlah apik karena kalau buruk, tidak mungkin ia berani menuliskan novel-novel tersebut sedemikian banyaknya. Apalagi Agatha menulis kisahnya dalam bentuk novel, bukan kumpulan kisah seperti milik Conan Doyle. Untuk menuliskan sebuah novel, tentu diperlukan alur yang cukup panjang tapi karena ini novel detektif, maka penulis harus bisa membawa emosi pembaca dibuat penasaran sepanjang cerita berlangsung. Karena kalau-kalau salah penempatan unsur tersebut, bisa jadi kemudian kita sebagai pembaca kecewa dengan endingnya atau malah kapok membaca ceritanya.

Dan kalau saya mengobrol dengan beberapa pencinta literatur detektif, mereka pasti menyarankan saya untuk membaca novel-novel Agatha Christie, jadi jelas saja hal ini membuat saya makin penasaran untuk membaca karya beliau yang lainnya. Siapa tahu saya jatuh cinta juga dengan Poirot, tidak hanya dengan Holmes. :D
7 komentar on "Agatha Christie Blog Event"
  1. Poirot menarik juga, beberapa kali ketipu "argghhhh"

    BalasHapus
  2. saya juga suka Miss Marple...

    BalasHapus
  3. beda dgn holmes AC lbh bnyk menggunakan pendekatan deduksi psikologis dlm memecahkan kasus dan gosip2 beredar (tergntung siapa detektifnya)...kalau holmes sering ada ilmiahnya..

    BalasHapus
  4. belum pernah baca satu pun bukunya nih >.<

    BalasHapus
  5. Saya suka sekali agatha christie, semua tokohnya karakternya kuat, poirot,miss marple, tommy n tuppence, parkerpyne dan yg plg misterius harlequin...saya pny sekitar 50an bukunya...beberapa yg ga saya pny sudah sy baca diperpustakaan..saya baca agathachristie dan sir arthur conan doyle sejak smp

    BalasHapus
  6. Saya pernah baca satu buku nya, tp dah lupa judul nya... Detektif dalam cerita yg saya baca, bernama... Kosasih,, kalau ga salah ,, hehehe (lupa.red).

    BalasHapus
  7. Saya beneran jatuh cinta dengan poirot dibanding tokoh detektif lainnx....alur cerita sangat detil...itulah awalnya saya suka film frama detektif seperti murdock mistery...👍👍👍👍

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,