Januari 31, 2013

Life Of Pi – Kisah Pi



Judul Buku : Life Of Pi – Kisah Pi
Penulis : Yann Martel
Alih Bahasa : Tanti Lesmana
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Kelima : November 2012
Tebal : 448 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-8900-8


Piscine Molitor Patel, seorang anak laki-laki yang tinggal di Pondicherry, India bersama Ayah, Ibu, seorang kakak laki-laki dan juga bersama hewan-hewan di kebun binatang yang dikelola Ayahnya. Pi adalah seorang anak yang saleh dan memiliki keingintahuan yang luas. Ia bahkan menganut tiga agama sekaligus, sembahyang di masjid, pergi ke gereja tetapi juga menyembah para Dewa di Kuil.


 “Aku cuma ingin mengasihi Tuhan”

begitu jawab Pi ketika ia ditanya mengapa menjadi penganut tiga agama sekaligus.


Suatu hari, karena kondisi politik di India yang tidak stabil, Ayahnya memutuskan bahwa mereka sekeluarga akan pindah ke Kanada. Binatang-binatang yang ada kemudian diurus dokumennya lalu dijual ke beberapa tempat. Sampai hari keberangkatan, mereka menumpangi sebuah kapal barang bernama Tsimtsum yang berlayar dari Madras pada tanggal 21 Juni 1977. Di kapal tersebut juga dibawa hewan-hewan dari kebun binatang yang ikut dijual ke Amerika.

2 Juli 1977, kapal tersebut tenggelam di Samudra Pasifik. Pi kehilangan keluarganya, meski ia dapat lolos dari kapal dan naik ke sekoci. Sialnya, di sekoci tersebut ia tidak sendirian, ada seekor hyena, orang utan betina, zebra yang patah kaki, dan seekor harimau Bengal jantan yang beratnya 225 kilogram.

Selama 227 hari, Pi terombang ambing di lautan lepas, bertahan hidup bersama hewan-hewan, dan dalam kondisinya tersebut, kita diajak merasakan kebesaran Tuhan.
 
Sebuah buku yang... berat, Menurut saya pribadi. Bukan dari tema yang diusungnya atau dari kisahnya, tapi saya tipe pembaca yang mabuk kalau sebuah cerita dipenuhi detil-detil. Apalagi miskin dialog, terutama di pertengahan kisah, ketika Pi terombang ambing di samudera. Memang sih, ini kan Si Pi Cuma satu satunya orang yang selamat di sekoci tersebut, jadi wajar saja kalau ngga ada dialognya.

Sebenarnya kisah Pi ini bagus, bahkan luar biasa bagus jika memang nyata. Saya juga salut karena penulis pasti melakukan banyak riset tidak hanya terhadap hewan di kebun binatang, tapi juga kebudayaan India, hewan di laut, cara survival, bahkan menciptakan sebuah ’pulau imajinasi’ yang secara science tidak mungkin dapat exist di samudera.

Pi adalah seorang yang berntung, menurut saya. Bukan dalam hal ia menjadi satu-satunya yang selamat dari musibah kecelakaan, tetapi karena ia mampu menemukan Tuhan secara spiritual dan pribadi karena pengalamannya tersebut. Pi juga tipe manusia yang sering putus asa, sering mengenang masa lalu dan memiliki banyak angan-angan serta imajinasi. Menurut saya pribadi, mungkin penulis ingin menyampaikan bahwa Kisah Pi ini adalah cerminan kisah hidup manusia biasa, kita yang mencoba bertahan di samudera kehidupan sedang Pi bertahan di Samudera yang sebenarnya.

Pesan yang bisa diambil dari buku ini? Ah, ada banyak banget deh kayaknya. Tapi yang jelas, tidak perlu melihat untuk bisa percaya kalau sesuatu itu ada. 

Sedikit tentang Yann Martel
Yann Martel adalah seorang penulis dari Kanada, lahir di Spanyol pada 25 Juni 1963 dan ia telah menulis beberapa novel. Life of Pi adalah buku keempatnya yang memenangkan banyak penghargaan salah satunya Man Booker Prize tahun 2002. 
Oh, dan alasan mengapa ia menamai kapal tersebut Tsimtsum? 


I wanted a representative scoop of religions in the book – Hindu, Christian, Islam. I would have loved to have Pi be a Jew, too, but there are no synagogues in Pondicherry [in India, where the story begins].... So I chose Tsimtsum as the name of the Japanese cargo boat because, although it sounds Japanese, it is a Hebrew word.

Dialog lainnya tentang Life of Pi bersama Yann Martel bisa disimak di sini




-Secret Santa-

Okeeh, sebelum dan sesudahnyaa saya sampaikan buanyak sekali terima kasih untuk SS saya yang telah memberikan buku ini sebagai hadiah ‘akhir tahun’. Terima kasih juga atas riddlenya (yang langsung bisa dikenalin dari potonyah) dan terima kasih juga untuk Oky dan Ndari yang udah bikin event SS tahun 2012 ini berbeda dari tahun sebelumnya :D Jadi inilah tebakan saya (semoga benaaar)



“Aku ada di Sepanjang Segala Zaman”

 
Dear Santa, saya tahuuu.. ini pasti Rahib (Oom Tanzil) kaan :D
*hormat takzim



19 komentar on "Life Of Pi – Kisah Pi"
  1. Wah, tadi juga saya baca ada yang nebak Om Rahib yang jadi Santanya..

    Mana nih yang benar... Hihihi... :)

    BalasHapus
  2. Rahib ada di sepanjang masa dan zaman ya? *angguk2*

    BalasHapus
  3. rasanya pengen beli bukunya dengan cover yg beda2 *cakep2 smua soalnya* >.<

    BalasHapus
  4. Eh.. Kayaknya tadi ada yang nebak kalo santanya om Tanzil juga deh.. Huuuuummm

    BalasHapus
  5. Fotonya apa si,vin? Gak jelas. Etapi kyknya ada yg nebak rahib juga deh

    BalasHapus
  6. ehhh tampilan blognya ganti ya vin?? btw tebakan santanya kayanya bener deeeh...fotonya terlihat familiar soalnya hihihi

    BalasHapus
  7. rasanya emang rahib deh "ada di Sepanjang Segala Zaman" :D

    BalasHapus
  8. koq yakin banget? sama tebakannya? :)

    Aku suka banget sama buku ini, dulu beli waktu bertama kali diterjemahin sama GPU sekitar 3-4 thn yg lalu. Berkesan sampe sekarang

    BalasHapus
  9. kalo baca alasan kamu di WA tadi aku yakin pengirimnya juga Rahib, solanya aku juga pernah dapet kiriman dari Pandu apa gitu :))

    BalasHapus
  10. lah Mia juga nebak Rahib sebagai SS. Mana yang bener nih.

    Aku nggak nyangka kalau pilemnya jadi keren. Errr..nggak bisa banyak ngebandingin sih ma bukunya. Soalnya udah lama banget bacanya.

    BalasHapus
  11. @ wilda's mom : bhihihi, Rahib lariis tahun ini XD

    @Ally ; aku pingin nonton pilmnyaaah.. tapi nunggu DVD nya keluar ajah.. *sabar menanti :D

    @Peri hutan : yes, toss.. si pandu = Rahib :D

    @Rahib : ciyeeh yg laris tahun iniih XD

    @Hobby buku : nah bener kaan, setujuu kaan :D

    @Astrid : lhah, ini mah tampilan lama mbaaak >_<

    BalasHapus
  12. @ dani : nah, iya beneran dia mah ada di segala jaman :))

    @AS Dewi : itu foto profil di bloggernya rahib, mbaak..

    @annisa : iyaa samaan sama Mia XD

    Ocemei : beliii beliiiiee

    BalasHapus
  13. Aku kok lebih suka covr yg dulu yaa daripada yg ini :P

    Btw, kemarin sudah kusampaikan salamnya ke si ehem-Santa-ehem-Om lho :D

    BalasHapus
  14. buku ini salah satu favoritku... dulu pas baca, ga tahu kalo sekarang baca ulang sama ga ya..

    BalasHapus
  15. selamat..selamat.. udah ketebak santanya :)

    aku juga pengen banget punya buku ini nih...

    BalasHapus
  16. Masih di timbunan nih si Pi. Ihihi.. Kejar setoran review dulu.

    BalasHapus
  17. weh, sebagai orang yg membaca buku2 fantasi, bukannya dirimu seharusnya dah terbiasa dengan "banyak detail dalam deskripsi"???? hehehehe...

    buku ini adalah salah satu buku terkeren yg pernah kubaca. filosofinya dalem :)

    BalasHapus
  18. wah wah.. buku ini sudah diadaptasi ke layar lebar, lebih berkesan mana nih ceritanya,yang buku ato film menurut mbak...

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,