Januari 15, 2013

The Story Girl – Gadis Pendongeng




Judul Buku : The Story Girl – Gadis Pendongeng
Penulis : L.M. Montgomery
Alih Bahasa : Barokah Ruziati
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : April 2010
ISBN : 978-979-22-5701-4
Tebal : 368 halaman, paperback






“Aku suka jalanan, karena jalanan selalu membuatku bertanya-tanya apa yang ada di ujungnya”, ujar Gadis Pendongeng.


Beverly King dan Felix King pada musim semi itu pindah ke pertanian keluarga King di Pulau Prince Edward. Setelah lama menunggu, akhirnya mereka berkesempatan pergi bahkan tinggal dan bersekolah di sana. Pertanian keluarga King adalah tempat Ayah mereka dibesarkan, sehingga banyak menyimpan kisah yang kemudian diceritakan kepada mereka. Yah, seperti banyak kisha yang diceritakan dari orang tua, cerita cerita itu seolah mengandung keajaiban sehingga membuat mereka sangat penasaran dengan tempat tersebut.

Mereka berkenalan dengan anak-anak keluarga King lainnya, ada Felicity yang cantik meski agak angkuh, Cecily yang baik hati dan mulia, serta Dan yang ramah. Selain ketiga anak tersebut, masih ada Peter, pesuruh di keluarga tersebut yang sering bermain bersama mereka, Sara Ray yang gampang menangis dan ada Sara Stanley, orang-orang sering memanggilnya Gadis Pendongeng.

Tidak terbilang betapa luar biasanya hari-hari yang mereka lalui bersama, terutama karena ada Gadis Pendongeng yang memiliki keajaiban ketika ia menceritakan sebuah kisah. Suaranya, gerakannya, mimik wajah serta cara bicaranya selalu mampu menyesuaikan dengan cerita yang ia bawakan, sehingga para pendengarnya seakan benar-benar menyaksikan kejadian dalam cerita tersebut. Baik itu misteri, humor yang kocak, kisah yang penuh kesedihan, petualangan, legenda, atau sejarah keluarga, Gadis Pendongeng selalu dapat menceritakan kisah-kisah tersebut dengan baik sampai pendengarnya terkesan, dan tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga menikmati cerita-cerita yang dikisahkannya.

Buku ini juga menceritakan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan di Pertanian Keluarga King, tentang Peter yang menyukai Felicity,  virus campak yang menular, misteri peti biru, lomba khotbah, Peg Bowen yang katanya seorang penyihir dan masih banyak lagi.

Terdiri dari 32 bab, ini adalah buku yang mengingatkan saya  tentang kenangan masa kecil. Dengan terjemahan yang memuaskan, kisah Gadis Pendongeng yang mengagumkan, saya seperti menjadi anak kecil lagi yang turut serta dalam kelompok Beverly di Keluarga King. Tokoh favorit saya tentu saja Gadis Pendongeng, saya suka bagaimana dia selalu optimis, berani, perhatian dan kadang juga bersikap nakal seperti anak-anak lainnya.

Karena novel ini memiliki pesan religius, serta tokohnya yang berumur dua belas tahun ke atas, jadi saya rasa buku ini cocok dibaca untuk anak-anak yang berusia 12 tahun atau lebih.

Satu quote yang saya suka di buku ini :

“Dewa-dewa pun tak bisa meminta kembali hadiah mereka. Mereka mungkin merampok masa depan kami dan melukai masa kini kami, tapi mereka tak bisa menyentuh masa lalu kami. Dengan semua tawa dan kebahagiaan dan keindahannya, masa lalu akan menjadi milik kami yang abadi.”- Hal. 309



Posting ini saya buat dalam mengikuti RC Fun Year with Children bulan Januari dengan tema Classic, yang diselenggarakan bacaan B.Zee di sini :)


5 komentar on "The Story Girl – Gadis Pendongeng"
  1. aku baca yang versi Mizan. Termasuk suka, banyak dongeng2 ajaib yang muncul. Pingin rasanya didongengin ama gadis pendongeng, haha

    BalasHapus
  2. sama kayak Bang Tezar, punya saya juga terbitan Mizan, beli waktu ada diskon dan hingga kini belum dibaca, hehe. *dijitak* semoga terjemahan versi Mizan juga bagus. :)

    BalasHapus
  3. eh ralat ding. punya saya bukan versi Mizan, tapi Bentang Pustaka. :P

    BalasHapus
  4. dulu pernah punya buku ini juga yg terbitan bentang, tapi sudah di swap. Hehe

    BalasHapus
  5. Gadis Pendongeng ini pinter akting kaya Maya Kitajima berarti ya #dikeplak

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,