April 17, 2013

Danny The Champion of the World – Danny si Juara Dunia




Judul Buku : Danny The Champion of the World – Danny si Juara Dunia
Penulis : Roald Dahl
Alih Bahasa : Poppy D. Chusfani
Penerbit : Graemdia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : April 2006
Tebal : 248 halaman, paperback
ISBN : 979-22-2047-x




Kali ini Dahl mengajak kita berkenalan dengan seorang anak lelaki berumur 9 tahun bernama Danny. Sejak kecil ia hanya tinggal berdua dengan ayahnya yang seorang ahli mekanik, ibunya meninggal sejak ia berusia 4 bulan. Ayah Danny memiliki pompa bensin tua dan sebuah bengkel, mereka juga tidak tinggal di dalam rumah melainkan di dalam karavan bekas orang Gipsi. Danny kecil sudah akrab berkenalan dengan mesin mobil dan cerita-cerita menakjubkan, ayahnya selain ahli memperbaiki kendaraan juga ahli mendongeng. Bahkan sesekali Danny percaya bahwa dongengnya itu benar-benar nyata.

Suatu hari, Danny memergoki Ayahnya yang diam-diam menyimpan rahasia besar dalam hidupnya. Ternyata Ayah Danny adalah seorang pemburu gelap, ia sering melakukan perburuan burung Pegar di wilayah hutan Mr. Hazell. Kemudian Ayah Danny menceritakan semua rahasianya tentang perburuan itu kepada Danny, termasuk bagaimana caranya agar dapat menangkap banyak burung Pegar. Ada metode ”Sumbat bulu kuda” dan metode ”Topi Lengket”.

Perburuan berikutnya tidak dilakukan Ayah Danny diam-diam, tapi dengan sepengetahuan Danny (meski ia belum boleh ikut). Tapi sayangnya, perburuan itu membuat Ayah Danny terluka parah karena kena jebakan dari penjaga-penjaga burung Pegar di Hutan Hazell. Danny yang mendapatkan firasat bahwa ada sesuatu yang terjadi pada Ayahnya memutuskan untuk menyusul ke hutan tersebut dan membawa Ayahnya pulang.

Sejak kejadian itu, Ayah Danny sering menjadi murung dan lebih pendiam. Ternyata diam-diam ia ingin balas dendam tidak secara langsung kepada Mr. Hazell. Yah, secara Mr. Hazell juga bukan seorang yang ramah terhadap tetangga dan sekitar, ia orang yang sok berkuasa dan sok kaya. Ide didapat, Ayah Danny akan menangkap sebanyak mungkin burung Pegar agar acara berburu Mr. Hazell yang terkenal di seluruh dunia menjadi gagal. Tapi bagaimana caranya agar ia bisa menangkap banyak burung Pegar tanpa ketahuan? Nah, di sinilah peran Danny yang paling penting. Ia memberikan ide yang keren, tapi apakah ide tersebut berhasil? Apakah mereka bisa menangkap banyak burung Pegar tanpa ketahuan?

Yak, ini adalah salah satu buku Dahl favorit saya. Terutama karena tokoh Si Ayah yang asyik banget. Kan ada gitu bapak-bapak yang pokoknya mah taunya kerja doank, jaraang banget mau main sama anaknya. Iya sih, ini mungkin karena ibunya Danny udah meninggal, tapi terus ngga ngelemparin tanggung jawab sebagai ayah gitu aja. Dia malah jadi bapak sekaligus Ibu, alih-alih nyari emak baru buat anaknya atau nitipin si anak ke rumah eyangnya.

Meski orangnya asyik, tapi si Ayah ini agak kelewatan juga sih. Apa nggak horor gitu ngajak anak kecil main di bengkel, kan banyak baut-baut kecil atau malah alat alat berat yang berbahaya. Ah tapi namanya cerita, boleh boleh aja donk ya XD


1 komentar on "Danny The Champion of the World – Danny si Juara Dunia"
  1. Duluuuuu... Aku pernah sangat ngebet dengan novel.ini, nyari paperback masih agak susah, eh, nemu ebooknya. Tapi bentuknya masih .lit, jaman itu belum banyak converter seperti sekarang. Akhirnya dapet juga supported format buat e readerku, eh, nemu paperback nya, sudah diskon lagi hahaha. Sampe sekarang plasticnya belum kubuka hahaha... #jadicurcol

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,