September 30, 2013

The Giver (The Giver Quartet #1)




Judul Buku : The Giver (The Giver Quartet #1)
Penulis : Lois Lowry
Edisi : Epub, 131 halaman

For All The Children

To Whom We Entrust the Future

Hampir memasuki bulan Desember, Jonas mulai merasa senang sekaligus was-was. Desember ini ia genap berusia dua belas tahun, di usia inilah anak-anak mulai beranjak dewasa dan diberi sebuah Tugas berdasarkan kemampuan mereka masing-masing. Setelah di usia sebelumnya mereka melakukan percobaan kerja di berbagai unit di komunitas tempat tinggalnya, Usia duabelas merupakan usia yang banyak dinanti-nanti.

Anak lelaki ini tinggal di sebuah komunitas bersama ‘Ayah dan Ibu’ serta Lily, adik perempuannya yang hampir berusia tujuh tahun. Ayah dan Ibu Jonas bukanlah Ayah Ibu kandung, mereka adalah sepasang pria wanita yang dipilih Komite untuk membentuk sebuah ‘unit keluarga’ dan untuk memiliki anak pun, mereka harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. Setelah ijin diturunkan, mereka akan menerima seorang anak dari ‘birthmother’, wanita-wanita yang telah diseleksi untuk mengemban tugas hamil dan melahirkan bayi di komunitas tersebut.

Upacara tahunan tiap Desember akhirnya tiba, setelah satu demi satu anak dengan usia masing-masing (ya, semuanya ‘naik level tahun’ di hari yang sama di bulan Desember) maju ke depan dan naik satu level tahun akhirnya tiba giliran anak yang naik ke usia duabelas. Jonas adalah anak terakhir yang dipanggil, tetapi ia tidak masuk unit tertentu. Ia diberi kehormatan menjadi seorang ‘The Receiver’. Pelatihan Jonas akan dimulai bersama seorang ‘The Giver’, seorang lelaki tua yang menyimpan banyak memori tentang masa lalu komunitas mereka, masa lalu dunia, dan apa yang disembunyikan Komite dari orang-orang di komunitas tersebut.

Dari lelaki tua itu Jonas belajar, bertahan menghadapi sakit, hal yang sebenarnya amat sangat dicegah dalam komunitas, sebab mereka selalu menyediakan obat untuk menghilangkan rasa sakit karena apapun.




 “The worst part of holding the memories is not the pain. It's the loneliness of it. Memories need to be shared.”


Satu-satunya Distopia non Young Adult yang pernah saya baca, hanya The Road, dan buku itu sudah saya pakai untuk dua kali posting bareng BBI. Jadi nggak mungkin saya pakai untuk posting bareng lagi bulan ini. Beruntunglah saya menemukan buku ini di daftar Goodreads, dengan tema Dystopia : After-Apocalypse.

Komunitas Jonas adalah komunitas yang teratur, segala sesuatu diatur oleh Komite sedemikian sehingga rakyat mereka aman dan tentram. Norma kesopanan juga dijunjung tinggi di sini, memohon maaf dengan kalimat yang sopan juga harus dilakukan jika kita berbuat salah kepada orang lain, pun jika kita terlambat masuk kelas! Regulasi yang ketat juga diterapkan dalam penggunaan bahasa, tidak boleh menggunakan starving, hanya boleh menggunakan hungry, atau kalau melanggar, maka kau akan dihukum.

Jonas adalah anak lelaki yang berkemauan keras, punya rasa ingin tahu yang besar, ia juga seorang pengamat yang baik. Dengan adanya pertauran di komunitas, Jonas sering bertanya-tanya bagaimana keadaan di ‘ElseWhere (luar komunitas)’ yang sering disebut-sebut. Orang yang sudah tua biasanya akan pergi ke ElseWhere setelah proses Upacara dilakukan.

Novel ini digambarkan dengan detil oleh penulis, karakter Jonas dan The Giver juga  dibangun dengan apik dan diceritakan secara mendalam. Pesan moral dalam cerita ini? Well, keseragaman dan keteraturan yang berlebihan ternyata tidak menyenangkan.
  

“It's the choosing that's important, isn't it?” 

 
Nggak salah kalau novel ini masuk nominasi dan meraih beberapa penghargaan :


Nggak sabar membaca cerita lanjutnya, tapi kata rating sih masih bagus seri pertamanya, kapan kapan saya kabari lagi kalau sudah baca. :D

Dipost dalam rangka posting bareng BBI tema Dystopia Non YA
6 komentar on "The Giver (The Giver Quartet #1)"
  1. wah ini sdh lama aq cari-cari, kapan hari pas big sale kalah cepat 'biding-nya' (>,<) ...

    BalasHapus
  2. Eh, eh mba kok seru sih ceritanya. Apa itu The Receiver? Aku mau ebooknyaaaaa *tukang timbun*

    BalasHapus
  3. Uhuk, aku baca ebooknya aja mbak maria XD
    @Oky : sent yaa

    BalasHapus
  4. ini bagus bangeett, aku sukaa, makasih dah dikasi vin :)

    BalasHapus
  5. apa udah ada terjemahannya buku ini?

    BalasHapus
  6. Pengen baca buku ini dari kemaren2, carinya dimana kak?

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,