Oktober 16, 2014

Moon in the Spring






Judul Buku : Moon in the Spring
Penulis : Hyun Go Wun
Penerjemah : Sitta Hapsari
Penyunting :  Selsa Chintya
Proofreader: Dini Novita Sari
Cetakan pertama : September 2014
Tebal : 405 halaman, paperback
ISBN : 978-602-7742-39-0

Dal-Hee sebenarnya calon dewi yang sebentar lagi harus reinkarnasi untuk memenuhi syarat menjadi dewi. Sialnya suatu kejadian membuat ia masuk ke dalam tubuh seorang wanita yang meninggal, Ji-Wan namanya. Setelah Ji-Wan (dengan ruh Dal-Hee di dalamnya) sadar, Dal-Hee mengetahui hidup Ji-Wan amatlah rumit dan kelam. Terlebih jika berhubungan dengan tunangannya yang bernama Min-Hyuk. Lelaki itu bahkan beraura gelap sekali, emosional dan membuat Ji-Wan lelah saat di dekatnya.

Tapi Dal-Hee tetaplah seorang calon dewi, ia tergoda untuk membersihkan jiwa Min-Hyuk yang gelap dan juga menunaikan janji yang telah Dal-Hee buat dengan Ji-Wan. Sementara ruh Ji-Wan pergi, Dal-Hee memulai misinya menjadi Ji-Wan, yah kemudian semacam mati suri gitu deh. Ji-Wan yang tadinya sudah mati terus hidup lagi dengan ruh Dal -Hee. Di dunia manusia, Dal-Hee ditemani oleh seorang malaikat pencabut nyawa yang sempat bertugas mengambil nyawa Ji-Wan. Ia menyamar jadi manusia dan membantu Dal-Hee melaksanakan misinya.



Setelah berhari hari, Min-Hyuk mulai merasakan ada perubahan terhadap tunangannya itu. Sosok itu memang secara fisik adalah Ji-Wan tetapi secara kelakuan benar benar berbeda. Ji-Wan yang sekarang lebih ekspresif, lebih frontal, berani dan nggak takut dengan Min -Hyuk. Ini terlihat ketika Ji-Wan memutuskan ikut rapat direksi, mulai mencari kerja sendiri bahkan mau mencoba Bungee Jumping! Ji Wan yang dulu mah sakit sakitan, lemah, suram dan sama sekali ngga seenergik Ji Wan yang sekarang. Sementara Dal - Hee sedang berusaha membersihkan jiwa Min Hyuk yang gelap dan penuh dendam itu, ia tidak sadar bahwa ada laki laki yang mulai menyukainya..

ilustrasi di dalam buku (imut ya x))
Saya baru pertama kali ini membaca novel terjemahan Korea, yang isinya full roman. Tadinya saya pikir karena ini ada unsur fantasinya, mungkin ada semacam sihir atau gimana gitu, apalagi pemeran utamanya adalah seorang Dewi. Saya memang penasaran seperti apa novel fantasi yang berasal dari asia, karena amat jarang ada. Eh ternyata novel ini dosis romannya lebih banyak daripada fantasinya, alhasil sempat kecewa sih. Tapi aku juga penasaran bagaimana akhir cerita Si Dal-Hee ini. Apakah dia kembali ke langit, jadi Dewi atau dikutuk Kaisar Langit karena telah seenaknya aja menyusupi tubuh manusia?

Alurnya lambat di awal tapi setelah lewat pertengahan cerita mulai ada konflik yang membuat kisah ini makin seru. Tokoh tokohnya juga nggak banyak, jadi ngga susah juga menghafalkan nama mereka meski asing di telinga (bagi saya sih). Karakternya juga jelas berbeda beda, Ji Wan aslinya seorang yang pendiam, mudah menyerah, lemah secara fisik maupun psikis. Dal Hee sangat bertolak belakang dengan Ji wan, semangatnya luar biasa sampai sampai menulari orang di sekitarnya, dia selalu ceria, pantang menyerah, cuek tapi juga ambisius. Min Hyuk juga sering dibuat bingung sekaligus terkagum kagum dengan pesona Dal Hee ini, meski tetap saja lelaki ini semaunya sendiri alias egois.

Saya belum pernah membaca karya penulis sebelumnya sehingga tidak tahu apakah sudah ciri khasnya menggunakan alur lambat dan datar datar saja atau ada pengaruh penerjemahan sehingga jadinya kurang pas dinikmati. Demikian pula di belakang buku, apa itu memang sinopsis buku aslinya atau ada yang terlewat oleh editor, sebab seharusnya Dal Hee yang seorang Dewi, bukan Ji Wan..


“Aku tidak mungkin membiarkanmu dalam keadaan berbahaya seperti itu, sendirian..” (209)


Tsaah, mesra mesra galak gitu pokoknya si Min Hyuk deh mah. Saya jadi penasaran kalau saja novel ini difilmkan, pasti seru deh :D


Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,