April 11, 2015

The Graveyard Book- Cerita dari Pemakaman






Judul Buku :  The Graveyard Book- Cerita dari Pemakaman
Penulis : Neil Gaiman
Ilustrasi : Dave McKean
Alih Bahasa : Lulu Wijaya
Editor : Ariyantri E
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 351 halaman, paperback
Cetakan pertama : Maret 2013
ISBN : 978-979-22-9460-6


Dia tidak mirip siapa pun selain dirinya sendiri. Dia tidak mirip siapa pun – seperti nobody.


Namanya Nobody Owens, tapi kita bisa memanggilnya Bod. Dia dibesarkan dalam lingkungan dan keluarga yang tidak biasa. Suatu malam, saat ia belum genap dua tahun, ayah ibu dan kakaknya dibunuh oleh seorang lelaki. Sebenarnya tujuan lelaki itu melenyapkan seluruh anggota keluarga tersebut, tetapi Bod yang masih kecil dan tak mengerti apa apa, berhasil lolos dari pria misterius tersebut. Bod berjalan menuju pemakaman dan di sanalah ia akhirnya bertemu keluarganya, para hantu. Ya, bertahun tahun kemudian ia dibesarkan oleh para hantu di pemakaman tersebut beserta seorang wali yang tidak berasal dari dunia orang hidup maupun orang mati.  Di pemakaman tersebut, Bod belajar banyak hal dari para hantu maupun dari walinya. Mulai dari pelajaran membaca, menulis, perihal sejarah maupun hal hal gaib yang kelak akan berguna bagi Bod.

Selama bertahun tahun itu pula Bod tidak pernah meninggalkan pemakaman karena para arwah tahu kalau Bod akan berada dalam bahaya jika keluar dari wilayah mereka. Mereka tak akan bisa melindungi anak itu jika Bod keluar dari pemakaman, terutama melindungi Bod dari lelaki yang dulu membunuh anggota keluarganya. Lelaki itu ternyata masih masih memburu keberadaan Bod dan berusaha untuk membunuhnya.

Tapi sebaik baiknya pelajaran di pemakaman, dan seramah ramahnya para arwah, Bod tetaplah orang hidup, apalagi ia selalu penasaran bagaimana rasanya tinggal di dunia luar, berkumpul dengan manusia hidup seperti dirinya.

Bagaimana kelanjutan cerita Bod? Apakah ia akan keluar dari pemakaman dan merasakan hidup di antara sesama manusia? Lalu bagaimana dengan lelaki pembunuh keluarganya, apakah Bod menaruh dendam kepada lelaki itu?

Saat membaca review buku ini di goodreads, saya menemukan salah satu review yang mengatakan bahwa Gaiman mungkin terinspirasi dari The Jungle Book milik Kipling. Karena itu ia memberi judul buku ini, The Graveyard Book. Dari situ saya semakin penasaran, bagaimana bisa seorang anak manusia hidup dipelihara oleh para arwah? Tapi itulah hebatnya Gaiman, imajinasinya mungkin sama edannya kayak Kipling, meski menurut saya Gaiman lebih "mistis" dalam membuat cerita.

Alur cerita buku ini cepat, plotnya juga keren, tiap bab menceritakan tema yang seakan berdiri sendiri kayak cerpen, tapi sekaligus mengantarkan kita ke tema utama cerita. Tapi dari sekian bab, saya paling suka yang judulnya " Batu Nisan Si Penyihir", sebab Bod di cerita ini masih lugu banget. Dia juga ga kenal takut. Yah, mungkin kalau kamu dibesarkan hantu-hantu, kadar ketakutanmu akan berkurang drastis sih.

Tokoh favorit saya walinya Bod, Silas namanya. Dia sabar, kebapakan gitu tapi misterius. Entah kenapa saya suka yang misterius XD Silas ini selain mengajarkan banyak hal ke Bod, juga menghubungkan Bod dengan dunia luar, seperti mengurus kebutuhannya Bod terutama makanan, peralatan menulis dan pakaian.

Novel ini telah masuk ke banyak nominasi penghargaan literatur dan juga memenangkannya, termasuk Newbery Medal di tahun 2009. Di tahun 2014 kemarin juga telah diterbitkan versi graphic novelnya oleh P. Craig Russell. Kalau saya sih, nunggu filmnya terbit aja deh. Katanya juga mau difilmin sih. X))
1 komentar on "The Graveyard Book- Cerita dari Pemakaman"
  1. Sy msh mencr buku ini.. blm dpt2..
    Buku ini kayakny horor y..?

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,