Desember 17, 2016

[Ngopi] 9 Subscription Boxes for Booklovers






Selamat pagi!
Sambil menemani pagi kamu di weekend ini, saya mau berbagi cerita tentang subscription box di Indonesia. Perkenalan saya dengan benda satu ini sebenarnya sudah sejak lama, lebih tepatnya sejak saya mulai suka memposting foto buku di instagram, memfollow bookstragammer luar negeri dan tanpa sengaja melihat postingan mereka tentang OwlCrate. Owlcrate adalah sebuah subscription box yaitu sebuah layanan berlangganan tiap bulan yang berisi novel dan pernak pernik berhubungan dengan buku yang istimewa. Kesemuanya dikemas dalam sebuah kotak khusus dan dikirimkan ke alamat pelanggan. Sedangkan perkenalan saya dengan subscription box di Indonesia berawal dari Peti Buku, yang ceritanya bisa kamu simak di sini.


Setelah Peti Buku, mulai muncul berbagai penyedia layanan lainnya. Kali ini, postingan saya akan membahas 9 subscription boxes yang saya tahu. Sebagian pernah saya coba, sebagian lagi belum sempat saya coba sehingga saya hanya dapat menggambarkan layanan mereka secara garis besar saja. Harga yang saya sebutkan juga sepengetahuan saya sampai postingan ini saya buat, kalau ternyata ada harga yang berubah, tentu itu kebijakan masing masing penyedia layanan. ;)



 1.   Peti Buku
Peti buku biasanya dibandrol dengan harga Rp.250.000 tiap paketnya perbulan. Berisi satu atau dua buku terjemahan maupun penulis dari dalam negeri, berbagai pernak pernik unik, bisa sampai lima atau enam buah. Dan jika kamu memesan lebih awal, biasanya kamu juga mendapatkan satu Bonus buku langsung dari koleksi editan atau terjemahan Mba Nana, si empunya Peti Buku. Packingnya mantap, kardusnya kokoh dan berwarna warni. So far kardus peti buku adalah kardus favorit saya dari subscription box lain yang pernah saya coba. Oh iya, paket peti buku dikirim dari Bandung.


 2.  Bibliophile Crate
@BibliophileCrate menawarkan layanan berlangganan tiap dua bulan. Sayangnya saya belum pernah mencoba layanan mereka jadi belum bisa memberikan review paketnya.

 3.  The Boox.id
@Theboox.id  (setahu saya) adalah satu satunya subscription box yang tidak memberikan tema pada paket paketnya tiap bulan. Mereka menawarkan paket berlangganan di mana sebulan seharga Rp.199.000, tiga bulan sebesar Rp.550.000 dan enam bulan sebesar Rp.1.000.000

Karena mereka baru open order untuk edisi perdana di Januari 2017, Saya juga belum bisa memberikan review secara detail. Yang membedakan the boox dengan paket berlangganan lain adalah karena mereka mencarikan buku rekomendasi untuk kita beserta pernak pernik yang berhubungan dengannya tiap bulan, Jadi setiap paket nantinya unik karena saat memesan pun kita akan diberikan pertanyaan pertanyaan khusus yang berhubungan dengan kita sendiri. Paket The boox id dikirim dari Jakarta.


 4.  Tsundokubox
Meskipun dikirim dari Makassar, paket @Tsundokubox selalu sampai dengan selamat di rumah saya di Solo. Biasanya berisi sebuah buku dan tiga sampai empat buah pernak pernik yang berhubungan dengan tema mereka tiap bulan. Dibandrol dengan harga 160.000, mereka juga memberikan diskon untuk pembelian berikutnya jika kita mengupload foto subscription box dan menandai mereka di instagram.


 5.  Fiksio Box
Sayangnya subscription box ini sedang berhenti dan belum membuka pre order lagi setelah open PO pertama mereka di bulan Juli. Dibandrol dengan harga 189.000, paket @Fiksiobox cukup lengkap berisi sebuah buku dan pernak pernik yang berhubungan dengan tema di bulan tersebut. Pengirimannya dari Solo sih, tapi saya juga nggak kenal siapa yang bikin. Padahal kan kalau sekota, kalik aja saya bisa bantu gitu ya. *malah promosi diri sendiri



 6.  Story Post.id
@Storypost.id buat saya pribadi adalah paket berlangganan paling eksklusif dari semua subscription box yang saya tahu. Buku yang mereka sediakan adalah buku berbahasa Inggris bukan terjemahan, dengan pernak pernik unik yang menyertainya. Paket ini dibandrol dengan harga Rp.350.000 tiap tiga bulan, tersedia juga paket berlangganan untuk setahun (4 paket) sebesar Rp. 1.250.000 dan mereka lagi open order sampai 19 Desember loh untuk batch pengiriman bulan Februari 2017. Saya belum nyoba sih, berhubung saya akhir akhir ini udah jarang banget baca buku cetak berbahasa Inggris.

 7.  Koper sihir (Kelontong Sihir)
Bagi penggemar Harry Potter dan pernak perniknya di Indonesia saya rasa Mengenal juga @KelontongSihir. Yup, sejak aktifnya mereka lagi di akhir tahun ini, mereka mulai membuat subscription box tiap dwibulan. Dengan harga Rp.299.000 kamu bisa mendapatkan pernak pernik yang berhubungan dengan tema yang mereka tawarkan. Semua barang yang ditawarkan adalah barang baru dan spesial karena belum pernah ada di katalog KS sebelumnya. Yang membuat paket mereka berbeda adalah tidak adanya novel di dalamnya, jadi yaa semuanya berisi pernak pernik unik saja.


 8.  Betterbook_idn
@Betterbook_idn adalah layanan berlangganan sebesar 100.000 tiap bulannya. Biasanya berisi sebuah buku baru atau malah terkadang dua buku dan pernak pernik. Biasanya novel yang mereka tawarkan adalah novel novel dari penulis dalam negeri. Betterbook juga telah memberitahu isi paketnya saat open order, sehingga pembeli tidak perlu berharap harap cemas isi paket apa saja yang akan mereka dapatkan. Eh karena saya belum nyoba, saya ngga tahu pengirimannya dari mana XD

 9.  Geekoutbox.id
Yang ini adalah subscription box baru yang belum terdengar gaungnya. Saya juga ngga sengaja nemu akunnya di daftar Pencarian di Instagram. Dengan harga Rp.300.000-500.000 mereka menawarkan Pernak pernik unik di paketnya tiap bulan. Saya belum nyoba juga sih, jadi ngga bisa ngasih reviewnya.


Nah, itu sembilan subscription boxes bagi pencinta buku di Indonesia yang saya tahu. Kamu pernah nyoba atau malah punya daftar subscription box lainnya? Komen donk, kalik aja saya jadi tertarik buat nyoba juga XD

Kalau kamu berminat, bisa tengok akun mereka di instagram, tinggal search saja nama-namanya. :)



4 komentar on "[Ngopi] 9 Subscription Boxes for Booklovers"
  1. Sy cuma tau subscribtion box yg punya ika natassa. Tp lihat dr postingan ini kok rasanya sayang ya kalo berlangganan gitu, bukunya dikit banyakan pernak perniknya, mahal juga.

    BalasHapus
  2. Saya pernah nyoba yang Geekout box. Kalau yang satu ini gak berhubungan sama buku, kak. Tapi semacam lootcrate versi indonesianya, isi box mereka itu barang-barang buat para geek (misalnya action figure macam funko).

    BalasHapus
  3. The Bookish Lit coba deh mbak

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,