Slide Show

April 08, 2024

Always Never




 Judul Buku : Always Never

Penulis dan Ilustrator : Jordi Lafebre

Penerbit : Dark Horse Comics

Tebal : 152 halaman, baca di Libby

Cetakan pertama : 28 September 2022


They never managed to latch onto each other…but their paths are forever linked

Buku ini bercerita tentang Ana, seorang Walikota yang memiliki seorang anak perempuan dan cucu perempuan. Ia hidup bahagia secara keseluruhan dengan keluarganya. Pernikahannya baik-baik saja, suaminya juga sangat menyayangi dan perhatian padanya. Karier Ana juga membanggakan, ia terpilih berkali-kali sebagai Walikota dan ia menyukai pekerjaannya. Ia membangun kota, merawatnya dan tak terlihat dalam berbagai bagian cerita kalau ia juga ramah dan menghargai warganya.

Di lain cerita kita akan bertemu dengan Zeno, seorang lelaki pengembara yang tak punya istri. Ia baru saja menyelesaikan tesis doktoratnya setelah puluhan tahun, yang berisi tentang kemungkinan perjalanan ke masa lalu. Tenang saja, novel grafis ini tidak berkisah tentang perjalanan waktu kok, ini cuma tesisnya si Zeno aja yang kemudian akan berpengaruh pada kata kata petuah yang kadang ia ucapkan.

Kedua orang ini kemudian akan kita ketahui bahwa mereka secara diam-diam berhubungan lewat surat-menyurat. Meski mereka saling mencintai, mereka tahu bahwa tidak mungkin ada kemungkinan mereka akan bersatu. Ana menginginkan rumah tangga yang solid sedangkan Zeno seorang pria yang tak mau terikat apapun. 

Yang unik dari buku ini adalah, diceritakan dari masa mereka tua kembali ke masa muda. Bab yang pertama saat membuka judul juga adalah bab 20, terus bergulir hingga bab akhir yaitu bab 1. Kayaknya ya baru kali ini saya nemu novel grafis unik kayak ini. Udah gitu, grafisnya juga bagus, padu padan warnanya yang kalem dan goresan yang tajam serta detail bikin saya betah banget baca buku ini. 

Karakternya juga digambarkan dengan cukup ekspresif. Sorot mata tajam Zeno atau lembutnya Ana. Atau cemberutnya ia ketika marah-marah dengan pipi yang digembungkan. Yang ngga habis pikir adalah bagaimana ((awas spoiler))


You and I, will never be "only" you and me. Never "completely" you and me. And never"not" you and me. Always "never"


bagaimana suami Ana kemudian tahu bahwa Ana selama ini masih menyimpan rasa untuk Zeno bahkan setelah puluhan tahun dan tak pernah mengungkitnya. Bahkan dibolehin aja gitu nemuin Zeno saat mereka udah berumuur, kalau diitung itung masa pensiun kan sekitar 60an ya. Apa orang umur segitu tuh ya udah ga ada beban apa lagi gitu yak. Tapi secara keseluruhan saya suka buku ini, konon katanya kan ada tuh orang yang kemudian bisa bersatu lagi ama cinta pertama mereka. Tapi kalau saya sih suka grafisnya daripada ceritanya XD



Maret 29, 2024

Mermaid Scales and The Town of Sand

 



Judul Buku : Mermaid Scales and The Town of Sand

Penulis dan Ilustrator : Yoko Komori

Penerbit : VIZ Media

Tebal : 400 halaman, baca di Libby

Cetakan pertama : 21 Februari 2023


Tokiko pindah dari Tokyo ke kampung halaman ibunya bersama sang Ayah. Suatu hari ibunya pergi begitu saja dari rumah dan tidak kembali. Kampung halaman ini terletak di pinggir laut, Tokiko terakhir berlibur ke sini ketika ia berumur 4 tahun. Saat itu ia punya pengalaman yang tidak terlupakan sampai sekarang, ia tenggelam dan diselamatkan oleh Merman (mermaid laki-laki gitu deh). Tokiko yang penasaran mulai mencari tahu apakah Merman itu nyata. 

Ternyata kisah yang tersebar di lingkungan tempat tinggalnya yang baru ini malah menganggap kalau Mermaid dapat menculik anak-anak, bayangan yang jauh berbeda dari apa yang dialami Tokiko. Tapi Tokiko tidak pernah menceritakan pengalamannya kepada siapapun sampai ia kelas enam sekarang ini dan bertemu Yosuke. 

Yosuke bukan tidak percaya Merman itu nyata, hanya karena ia belum pernah melihatnya, ya ia belum mempercayainya. Anak laki-laki dan perempuan ini kemudian berteman, sampai suatu hari ada Festival Wadatsumi yang mengharuskan anak-anak jauh dari tepi pantai. Festival itu begitu semarak, orang-orang merayakan dengan pesta dan aneka makanan. Mereka menghormati dan berterima kasih dengan Wadatsumi yang dipercaya menjaga desa mereka dengan melimpahi hasil laut dan hasil tanaman.

Tapi Tokiko masih penasaran dengan Merman yang dihubung hubungkan dengan legenda Wadatsumi, apakah ia benar diselamatkan oleh Merman pada saat tenggelam dulu ataukah itu bagian dari imajinasinya?

Rumah di Mango Street

 



Judul Buku : Rumah di Mango Street

Penulis :  Sandra Cisneros

Alih Bahasa : Ariyanti E. Tarman

Editor : Siska Yuanita

Ilustrasi Sampul : Zelma Firdauzia

Tebal : 176 halaman, baca di Gramedia Digital

Cetakan pertama : 2024

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


Rumah di Mango Street berisi tentang puluhan cerita pendek yang humanis. Menceritakan tokoh-tokoh atau kejadian sederhana tapi dari cara pandang penulisnya jadi terasa istimewa. Tokoh utama kita yang bercerita bernama Esperanza, ia memiliki dua saudara lelaki Carlos dan Kiky, dan satu saudara perempuan yang bernama Nenny. 

Sebagian besar ceritanya adalah cerita tentang seseorang yang ia kenal dan tinggal di lingkungan tempat tinggalnya. Melalui tokoh-tokoh tersebut ia menceritakan bagaimana kehidupan orang-orang Hispanik di Amerika. Ada yang jauh dari kata sederhana, ada juga yang beruntung bisa pindah dari sana.

Januari 14, 2024

The Giver of Stars



 Judul buku : The Giver of Stars

Penulis : Jojo Moyes

Narator : Julia Whelan

Penerbit : Books on Tape

Tahun terbit : 2019

14 jam audiobook


There was still beauty in this world, even if some days it took every bit of strength and obstinacy to find it.

Setelah menikah dengan Bennett, Alice pindah dari Inggris ke Amerika dengan harapan setinggi langit untuk hidup di kehidupan modern dan maju. Sayangnya mimpi indah itu hilang ketika Bennett memutuskan mereka harus tinggal bersama ayahnya yang sudah menduda. Okelah demi niat baik, tentu Alice bersedia. Maka tinggallah mereka di sebuah kota kecil di Kentucky, dengan topografi pegunungan dan hutan serta gosip yang gampang sekali dihembuskan oleh warga kota. 


Suatu hari saat rapat warga, seorang wanita mengumumkan bahwa kota mereka mendapat bantuan perpustakaan berjalan. Literally berjalan karena buku-buku itu akan diantarkan dari rumah ke rumah oleh pengirimnya dengan cara berkuda. Margery O'Hare menjadi pemimpin dari grup ini yang dikenal dengan Packhorse Librarian of Kentucky. Perekrutan dibuka dan Alice mengajukan diri untuk bergabung meski suaminya tidak setuju. Alice yang berpendirian keras, mandiri dan penuh rasa ingin tahu, merasa bahwa waktunya akan lebih baik jika digunakan untuk membantu orang lain daripada menganggur di rumah dengan gunjingan orang lain yang terus terusan menanya kenapa mereka belum punya anak.


Salam,

Salam,