Februari 07, 2012

Oliver Twist


Judul Buku : English Readers – Oliver Twist

Penulis : Charles Dickens

Penyadur : Sugeng Panut

Penerbit : Kesaint Blanc

Tebal Buku : 96 halaman +Audio CD


Akhirnya menemukan karya Dickens setelah cukup kesulitan mendapatkannya di toko buku di Solo. Meski ini versi simplified, saya rasa tidak mengurangi inti cerita dan keberlanjutan antar bagiannya.


Saya mulai dari suatu malam di abad 19, di sebuah rumah miskin di Inggris. Seorang wanita yang tidak diketahui identitasnya, melahirkan seorang bayi laki-laki yang tampan.

Sayangnya, segera setelah ia melihat rupa anaknya, wanita tersebut meninggal dunia. Jadilah anak yang baru lahir tersebut menjadi sebatang kara di dunia. Sepuluh bulan kemudian, bayi tersebut dikirim ke sebuah rumah sosial di bawah pengawasan Mrs. Mann. Di sinilah Oliver hidup sampai ia berumur 9 tahun, tumbuh menjadi bocah yang kurus kekurangan makan. Karena umurnya yang sudah besar, ia dikirim ke sebuah rumah miskin oleh Mr. Bumble.


Nah, Mr. Bumble ini kemudian mencarikan orang lain yang mau mengasuh Oliver, sampai akhirnya bertemu Mr. Sowerberry, seorang pengusaha rumah kematian. Mr. Sowerberry yang puas akan kerja Oliver, kemudian mengangkatnya sebagai pekerja magang dan orang kepercayaan Mr. Sowerberry. Kenyamanan Oliver di rumah barunya tidak berlangsung lama, karena ia segera terlibat perkelahian dengan petugas magang Mr. Sowerberry lainnya yang bernama Noah Claypole. Karena merasa tidak betah, Oliver kemudian melarikan diri dan sempat bertemu sahabat lamanya, Dick, yang menyemangatinya untuk kabur.


Perjalanan jauh dan kelelahan membuat Oliver pingsan di jalan dan ditolong oleh beberapa orang. Setelah keadaannya mulai baikan, Oliver bertemu seorang Pria bernama Jack Dawkins atau Dodger yang mengajaknya ikut pergi ke London. Ternyata pertemuan itu mengantarkan Oliver masuk ke dalam kelompok pencuri. Suatu hari ketika Oliver ikut menyaksikan kelompok tersebut mencuri, ia yang sebenarnya tidak ikut dalam pencurian tersebut malah dituduh massa sebagai pencuri dan dibawa ke kantor polisi. Nasib baik ternyata masih memihak Oliver karena kemudian ia terbukti tidak bersalah malah kemudian tinggal di rumah Mr. Brownlow.


Saat mendapat kepercayaan Mr. Brownlow untuk mengantarkan paket buku, Oliver malah bertemu dengan komplotan pencuri yang dulu pernah mengambing hitamkannya sampai ia hampir masuk penjara. Siklus berulang, berkali-kali kebahagian Oliver yang tinggal di rumah yang nyaman berganti dengan pengejaran para pencuri tersebut atas dirinya.


Mungkin karena ceritanya diringkas, jadi saya juga kurang tahu apa yang menyebabkan Para pencuri ini bersikeras menahan Oliver dan menjadikannya pencuri. Tapi pesan kuat yang saya dapat dari membaca buku ini adalah hidup itu seperti roda. Ia berputar terus kadang bahagia kadang menderita. Tapi seperti apa yang sudah ditetapkan Tuhan, Setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Dickens juga secara langsung menceritakan betapa bobroknya sistem sosial yang saat itu ada di Inggris. Kehidupan orang-orang miskin yang mengenaskan, anak-anak malang yang terlantarkan dan kejahatan yang muncul mungkin juga disebabkan akibat adanya Revolusi Industri pada Abad 18.


Sebuah cerita yang menarik hingga lembar terakhir kisah Oliver diceritakan. Tapi saya masih penasaran akan cerita Oliver yang versi original. Mungkin lain waktu akan saya cari dan baca ulang, agar bisa lebih menikmati gaya cerita dan penulisan Dickens. Oh dan hampir saja saya lupa, review dari cerita Oliver Twist yang saya baca ini untuk memeriahkan event @bacaklasik dalam memperingati 200 tahun Charles Dickens. Mungkin saat ini kaum miskin dan kesenjangan Sosial di Inggris sudah berkurang, tapi tahukah Anda, Tuan Dickens, karya Anda telah menjadi salah satu warisan literatur dunia yang tak lekang oleh masa.


jadi, ayo baca karya Dickens dan bertualang ke Inggris di masa lalu!

1 komentar on "Oliver Twist"
  1. saya pernah punya persi aslinya tapi ilang waktu smp dulu... dan nyeselnya sampe sekarang

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,