Juni 01, 2016

Ngopi : Saran dan Masukan perihal akses buku di Luar Jawa






Setelah artikel Ngopi tentang akses buku di luar Jawa kemarin-kemarin, kali ini saya akan membagikan saran dan masukan dari mereka yang telah memberikan waktunya untuk bersedia saya wawancarai.
Bagaimana saran dan masukan kalian terkait akses buku di Luar Jawa?

Steven (Ambon)
Buat yang tinggal di luar jawa. Jangan berkecil hati. Manfaatkan aplikasi iJak. Kalo ada uang lebih bisa beli buku di scoop. #bukaniklan.

Azmi (Lombok)
Kalau di Lombok menurutku akses buku sudah mulai bagus, beberapa taman baca juga mulai digalakkkan yang mengajak orang-orang untuk membaca, nah ini bisa jadi salah satu cara masyarakat bisa mendapatkan bahan bacaan atau buku. Masalahnya sih yaa harga buku yang mahal, dan kesadaran orang-orang di sini untuk mau baca dan belanja buku karena nyatanya banyak toko buku yang sepi pengunjung. Jadi sarannya, harus terus mengkampanyekan bahwa membaca itu keren dan penting, terus turunin harga bukunya dong, minimal sering-sering ada diskon atau obralan buku.


Maya (Banjarmasin)
Saran aku sih, gimana kalau event-event besar jangan hanya terpusat di Pulau Jawa saja, tapi menyebar di seluruh Indonesia. Terus ada toko buku import juga dong.. *kali aja ada pemilik toko buku import yang baca*

Fikriah (Makasar)
 Apa ya? Adain festival buku gitu dong. Kami juga butuh akses buku yang lebih murah dan harga bersahabat –jiwa pelajar yang nyisihin uang jajan demi buku pun keluar– Sebenarnya banyak yang ingin kuungkapkan tapi tak tahu bagaimana cara mengungkapkannya.

Resita (Denpasar)
Kalau saran dan masukan, hmm, karena saya juga merasakan gimana susahnya buat nyari buku tertentu, jadi saya harap penyaluran buku itu ngga cuma di kota-kota besar aja. Karena kenyataannya masih banyak yang juga memerlukan di kota-kota maupun daerah lain. Memang sih, alokasinya lumayan susah, cuma saya harap bisa ditingkatkan lagi. Semoga ada jalan keluar jadi semua orang khususnya para book-lovers ngga kesusahan lagi buat cari buku-buku yang mereka perlukan.

Ira Elvira (Padang)
Menurutku agar buku mudah diakses oleh masyarakat umum, sebaiknya perpustakaan publik diperbanyak. Minimal banget tiap sekolah punya perpustakaan yang terus diupdate bukunya. Dan seharusnya untuk perpustakaan-perpustakaan seperti ini harga buku dipermurah atau diberi diskon khusus sehingga bisa terus memperbarui bukunya dengan dana yang mungkin tidak banyak.

Matris (Sorong)
Saran untuk akses buku di luar pulau jawa apa yahh... menurut saya, ayoo yang punya modal bangun toko buku dong di sini.. hehehe.. harganya jangan mahal-mahal yah.. Atau kalo nggak, pihak ekspedisi, jangan mahal-mahal dong ongkirnya hahaha... sarannya gak mutu yaah?? :)Tapi memang sih, saya perhatikan di sini minat baca masih kurang. Makanya TB yang sudah tidak ada tadi di atas itu tutup.. Rugi mungkin, lagian saya liat banyak yang cuma numpang baca di situ gak beli. (Saya tidak termasuk ya... hahahah) Ah, mungkin memang lebih mudah via online shop saja, meski harus hati-hati memilih online bookshop, jangan sampe ketipu.

Mute (Balikpapan)
Selama biaya distribusi ke luar pulau Jawa masih mahal sepertinya akan sulit dapat akses buku murah di luar jawa ya..

Ira (Amuntai)
Saran untuk akses buku di luar pulau Jawa ya? Yang baru kepikir oleh saya sekarang sih seperti apa yang dilakukan oleh Penerbit Mizan dengan program buku murahnya itu (dasar ga kreatif XD). Tapi serius, program itu sangat membantu sekali lo Mbak. Buku-bukunya Mizan jadi lebih mudah didapat. Dapat diskon lagi. Saya sangat berterima kasih sekali karena program mereka nyampe ke kota sejauh kota Amuntai. Sebagai contoh, saya ga bakalan bisa mendapatkan buku-buku Rick Riordan atau Jostein Gaarder kalau ga beli online atau pergi ke Banjarmasin. Tapi dengan adanya program itu , saya bisa mendapatkannya dengan sangat mudah. Masih rada mahal memang. Tapi waktu 4 bulan sekalinya saya rasa cukup untuk menabung lagi untuk obral berikutnya XD Saya benar-benar berharap penerbit lain juga punya program seperti itu. Meskipun suaranya sering ga kedengeran, tapi di kota kecil ini penimbun buku ada banyak kok. Sediakan aja bukunya, pasti ada banyak yang beli XD Terus harapan saya, semoga nanti ada toko buku besar di kota kecil ini. Jadi kalau kami pengen beli buku,  ga perlu nunggu ke Banjarmasin dulu, atau nunggu orderan buku online datang, atau nunggu program buku murah 4 bulan sekali.  Syukur-syukur nanti saya yang punya toko bukunya, ahaha, tolong bantu di aminin yak XD   At last, saya yang berterima kasih loh Mbak karena termasuk member BBI di Luar Pulau Jawa yang ikut ditanya. Semoga nantinya bisa menjadi langkah pertama untuk bisa lebih membuka akses buku ke kota kecil kami tercinta. *eaaaa*. Kayaknya kita sudah kenyang deh sama rasa iri dengan mudahnya akses buku di kota besar XD . Semoga nanti benar-benar ada aksi nyata untuk kemudahan akses buku di kota-kota kecil di seluruh Indonesia. (Amiiin!)   
    
Linda (Palembang)
Saran untuk yg sering ngadain diskonan, please dong notice Palembang. Readers di sini bukan aku aja lho. Kami (yang bokek ini) butuh buku diskonan. XD

Amaya (Kendari)
Soal akses, seperti yang saya bilang tadi, gak begitu sulit (selama ramah di saku). Tapi saya berharap, bukunya bisa lebih lengkap (dari semua penerbit), dan displaynya bisa lebih lama. Kadang, ada buku yang cuma display beberapa bulan, setelah itu langsung diretur. Pas dicari, udah gak displayed, padahal lagi butuh. Harapan terbesar sih, soal harga. Tapi mau gimana lagi, syarat jangkaunya emang menuntut biaya lebih. Indonesia Timur euy!

Yovano (Gorontalo)
Untungnya di tempatku, akses buku nggak susah-susah banget. Biar kata suka ngeluh2 mahal, tapi saya tetep ngucapin makasih buat Gramedia hahahahaha.*penjilat busuk*

Dhani (Jeneponto)
 Yang pastinya jangan beda 5000an lah harganya, 500 atau 1000 lah. Hahaha. Terus yah, toko-toko buku yang besar itu bikin cabang mini gitu di Kabupaten-kabupaten, biar meningkatkan minat baca juga. Hehehe.

Desty (Palopo)
Diperbanyak dan dipermudah. Ini sih buka  novel aja ya...buku pelajaran juga. Tahu nggak, mahasiswaku jaraaaaang banget ada yang mau baca buku. Padahal untuk kepentingan mereka juga. Boro-boro ebook bahasa inggris ya...bahasa indonesia aja malaas. Kenapa? Karena ga terbiasa. Di sini susah dapat buku referensi. Di perpus kampus aja koleksinya terbatas. Sampai ada larangan dosen ga boleh minjam buku biar mahasiswa kebagian. Sedih banget deh.

Evyta (Medan)
pengennya sering-sering ngadain bazar buku atau bookfair di medan juga. Biar kita bisa ngerasain langsung hebohnya bookfair kayak di jawa. Jadi gak perlu terbang ke jawa dulu biar bisa ikut heboh2an bookfair :D


Demikiaan rangkaian ngobrol saya perihal akses buku di luar Jawa. Semoga ada banyak manfaat dan informasi tambahan bagi kita bahwasanya minat baca yang rendah bisa jadi dipengarui oleh susahnya akses membaca bagi mereka.

Meski demikian, ada banyak program hibah buku untuk saudara saudara kita di luar Jawa atau di daerah-daerah terpencil di Jawa. Barangkali kalau kamu punya kelebihan buku di lemari bisa disumbangkan kepada mereka. :)
 
Artikel yang puanjang dan berseri ini tidak akan bisa terwujud tanpa bantuan teman-teman yang sudah bersedia menjawab email/whatsapp saya.

*Sungkem satu satu*

Thanks to :

Sumber-sumber artikel didapat dari : 
 



Artikel Ngopi : Akses buku di Luar Jawa saya bisa dimulai di baca di sini :


 
 Terima kasih telah menyimak. Sampai jumpa di ngopi selanjutnya :)


4 komentar on "Ngopi : Saran dan Masukan perihal akses buku di Luar Jawa"
  1. Salam kenal. Nice post
    www.slaranesia.com

    BalasHapus
  2. Bersyukur saya tinggal di pulau jawa. Yang ada di sana, jangan berkecil hati. Tetap semangat membaca, ya ^^

    BalasHapus
  3. kalau di meulaboh, aceh barat malah toko buku yang gak ada :(

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,