Juli 04, 2013

Liesl & Po





Judul Buku : Liesl & Po
Penulis : Lauren Oliver
Penerjemah : Prisca Primasari
Penyunting : Esti A. Budihabsari
Penerbit : Mizan Fantasi
Cetakan I : April, 2013
ISBN : 978-979-433-712-7

 

Pertama mengenal buku ini dari sebuah giveaway yang diadakan seorang anggota BBI, sudah lama sekali, tapi saat itu buku yang di GA kan adalah versi Inggrisnya. Begitu tahu bahwa buku ini akan diterjemahkan Mizan, rasanya seneng banget. Pokoknya harus punya, harus baca. Dari covernya dan sinopsisnya aja udah bikin jatuh cinta, jadi wajar donk kalau Cuma butuh semalam buat saya ngehabisin buku ini XD

Liesl, seorang anak perempuan yatim piatu yang dikurung dalam loteng oleh ibu tirinya, bertemu hantu pada hari ketiga setelah kematian Ayahnya. Dua wujud hantu mendatangi Liesl malam itu, Po dan Bundle, makhluk-makhluk dari Dunia Lain. Tak jelas apakah Po seorang anak laki-laki atau perempuan, demikian pula dnegan Bundle yang tidak jelas apakah seekor kucing atau anjing, mungkin mereka terlalu lama di Dunia Lain dan tak segera Ke Sana, ke tempat mereka yang arwahnya tidak berkeliaran di Dunia Lain.

Malam itu Po menanyakan mengapa Liesl tak pernah menggambar lagi selama beberapa hari ini.

Kemudian terlintas ide di pikiran Liesl bahwa Po pasti tahu di mana Arwah Ayahnya berada, dan menitipkan salam rindu kepadanya. Saat Ayahnya sakit, Liesl berbulan-bulan dilarang Ibu tirinya untuk datang menengok barang sebentar, dan ia juga belum sempat mengucapkan salam perpisahan kepada Ayah tercintanya. Karena itu ia ingin sekali Po menemukan Ayahnya, barangkali ia belum melangkah Ke Sana.

Po mengiyakan permintaan Liesl tersebut dan ia segera kembali meninggalkan Dunia Nyata.

Di sudut jalan, dekat rumah Liesl, seorang anak laki-laki bernama Will termenung menantikan secercah sinar di jendela loteng yang biasanya ada saat malam. Sinar itu membentuk bayang-bayang muka seorang gadis kecil yang cantik dan pastinya ramah, Will ingin sekali berkenalan dengan gadis itu. Lama menunggu, saat hampir menyerah, akhirnya sinar itu nyala juga, dan Will meneruskan perjalanannya mengantarkan kotak berisi serbuk sihir dari majikannya dan mengambil pesanan di rumah pembakaran.

Orang bilang, kebetulan selalu terjadi, dan kali ini, kebetulanlah yang menjadi awal kisah anak-anak ini.

Di rumah pembakaran, Will tidak sengaja menukar kotak berisi sihir dengan kotak berisi abu dari Ayah Liesl yang dikremasi. Karena tidak tahu, maka Will dengan cueknya melanjutkan perjalanan hari itu dan menyelesaikan malamnya kembali ke rumah Alkemis, Sang Majikan. Keesokan harinya, terjadi kekacauan ketika Ia dan Alkemis pergi ke rumah Lady Premiere, wanita yang seharusnya menerima kotak berisi serbuk sihir. Betapa marahya Lady dan Alkemis ketika tahu bahwa kotak berisi sihir itu telah hilang, lebih murka lagi karena Will tiba-tiba hilang, padahal pengiriman kotak itu adalah tanggung jawabnya.

Sementara itu, ketika Po kembali ke Dunia Nyata dan bertemu Liesl, ia menceritakan bahwa Ayah Liesl ada di Dunia Lain dan menitipkan pesan agar abu jenazahnya disebarkan di bawah Pohon Willow, dekat dengan makam Ibu kandung Liesl. Tertuntut pesan terakhir Ayahnya, Liesl dan Po merencanakan untuk kabur dari rumah tersebut. Dan siapa sangka mereka akhirnya berhasil?

Lalu bagaimana cara mereka pergi ke tempat Pohon Willow berada? Padahal tak sepeser uang pun mereka punya. Yang lebih penting lagi, bagaimana caranya agar mereka tahu bahwa kotak yang mereka bawa itu berisi sihir yang paling kuat di seluruh dunia, bukan abu jenazah Ayah yang kelak akan disebar? Aapakah rangkaian kebetulan lainnya bermain dalam jalan cerita mereka? Nah, kalau penasaran, yuk dibaca aja bukunya.. :p



Saya pribadi cinta suka sekali sama kisahnya Liesl-Po di buku ini. Bagaimana tidak? Akhir-akhir ini saya sebagai peminat cerita fantasi lebih sering dihadapkan pada kisah-kisah berjalan cerita berat padahal sama-sama berbau sihir. Nah buku ini membuat perbedaan karena jalan ceritanya sederhana, dengan bumbu persahabatan dan keluarga serta rasa percaya, (tak lupa sentuhan sihirnya), membuat buku ini layak dibaca anak-anak berusia delapan tahun sekalipun.

Liesl yang diceritakan berani dan berkemauan keras bersanding cocok dengan Po yang kadang cuek tapi sebenernya perhatian. Liesl juga memiliki kasih sayang besar terhadap Ayahnya, membuat ia mampu melakukan perjalanan jauh demi ‘mengembalikan’ arwah Ayahnya dengan tenang. Will, bocah yang sering dipandang rendah oleh Alkemis, sebenarnya memiliki keistimewaan. Ia memiliki rasa ingin tahu yang besar, mungkin sama besarnya dengan Po, tetapi Will mengungkapkannya secara diam-diam tidak terang-terangan seperti Po.

 
 Ada banyak pesan cinta dan kasih sayang di buku ini, juga kutipan-kutipan indahnya, tapi yang lebih menyenangkan pembaca adalah ilustrasi di halaman-halamannya.

Pada akhirnya, semua kembali ke keluarga, dan kasih cinta antar sesama, tanpa perlu sihir pun, saya rasa lima bintang patut disematkan untuk buku yang telah menggondol predikat ABC Bestbook for Children 2011

Penulis, Lauren Oliver yang lebih kita kenal sebagai penulis Delirium dan Before I Fall kali ini memberikan santapan bacaan untuk pembaca yang lebih muda. Dalam novel Delirium, ia juga membahas tentang cinta, yang sepertinya selalu menjadi landasan kisah yang ditulis Lauren. Tetapi karena Delirium segmennya adalah remaja dan mereka yang merasakan cinta antara laki-laki dan perempuan, Novel Liesl & Po ini lebih menceritakan pondasi cinta itu sendiri, yaitu dalam keluarga.

Dan covernya, ah.. Saya jatuh cinta pada pandangan pertama. Sungguh. Nggak akan nyesel deh baca ceritanya. :D

3 komentar on "Liesl & Po"
  1. Liesl and po emang seru :D hehe. Follow blog aku dong yabooksreader.blogspot.com

    BalasHapus
  2. aku juga sudah baca buku ini..krn aku favorite warna coklat langsung jatuh cinta sama covernya dan ternyata isi ceritanya bukunya juga bagus, seru dan membuat sosok hantu kecil jadi menyenangkan bukan menakutkan..hehe
    .

    BalasHapus
  3. Buku yang bagus dan seru,, menjadikan sosok fantasi hantu kecil menjadi menyenangkan bukan menakutkan...
    awal pertama aku fovorite warna coklat dan langsung suka sama covernya..ternyata isinya sangat seru..hehe
    salam kenal_fida

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,