Slide Show

November 28, 2014

Mr. Penumbra's 24-Hour Bookstore




Judul Buku : Mr. Penumbra's 24-Hour Bookstore
Penulis : Robin Sloan
Tebal : 305 halaman, ebook
e-ISBN : 9780374708832
Penerbit : Farrar, Straus and Giroux


 Well, actually, I love books because books are my best friends


Gimana sih perasaanmu kalau diterima berkerja di toko buku? Kalau kamu kutubuku, pasti bakal girnag banget kan! Tapi kalau kamu bukan kutubuku, melainkan seorang desainer grafis, yang berkerja demi mendapatkan gaji dan mengisi waktu seperti Clay, mungkin perasaanmu sama seperti dia, biasa biasa saja. Mr. Penumbra adalah orang yang sudah tua, dan seperti toko bukunya, keduanya sama sama unik. Di toko buku itu ada berderet lemari yang menjulang tinggi dan dipenuhi buku buku berdebu. Peminjam ataupun pembeli bukunya juga jarang sekali datang, apalagi Clay bertugas di shift malam sampai pagi (ya, karena toko bukunya buka selama 24 jam), dan kalaupun ada peminatnya, pasti orang orang yang sama nyentriknya dengan Penumbra. Mereka juga punya kartu anggota khusus sehingga ngga perlu membayar dengan kartu kredit atau uang tunai, nah keanggotaan ini membuat Clay diam diam penasaran. 

Sementara itu, karena Clay tidak punya kesibukan selama menjaga toko Penumbra, maka ia memutuskan melakukan promo promo untuk toko buku tersebut lewat internet, dan ia juga membuat permodelan yang tentang peminjaman, letak buku dan lain sebagainya.
November 27, 2014

Sharp Objects






Judul Buku : Sharp Objects
Penulis : Gillian Flynn
Tebal : 272 halaman
ISBN : 9780307351487


That’s because the healthy,sweet-faced young girl was the second victim of what police presume to be a serial killer


Seorang anak perempuan dilaporkan hilang di Wind Gap, kampung halaman Camille Preaker. Setelah beberapa bulan sebelumnya seorang anak perempuan meninggal dengan misterius membuat kasus ini menggoda untuk diliput. Sebagai seorang reporter kasus kriminal di Daily Post Chicago, Camille ditugaskan atasannya untuk pulang guna melaporkan perkembangan kasus ini. Meski enggan, tapi Camille akhirnya toh menempuh perjalanan belasan jam kembali ke kampung halamannya tersebut.

Di Wind Gap, ia dihadapkan ke masa lalunya yang suram, yang sebenarnya sejak lama  ia coba untuk lupakan. Lalu setelah beberapa hari,mayat anak hilang itu ditemukan, dengan kondisi sama seperti kematian anak sebelumnya, yaitu seluruh giginya dicabut. Polisi tidak banyak memberikan keterangan, kematian dua anak itu membuat Wind Gap menjadi kota yang makin suram. Gembok dan kunci dipasang di tiap pintu rumah, orang orang yang terbuka menjadi pemurung dan tertutup. Anak anak dikurung di dalam rumah setelah selesai sekolah, dilarang berkeliaran ke mana-mana, kota itu seketika diselimuti ketakutan yang pekat di tiap nafas warganya.

Flora & Ulysses : The Illuminated Adventures





Judul Buku : Flora & Ulysses : The Illuminated Adventures
Penulis : Kate Dicamillo
Ilustrasi : K.G. Campbell
Cetakan pertama : 2013
Tebal : 240 halaman
ISBN : 978-0-7636-6724-5

Flora lagi asyik di kamar saat ia mendengar dengungan berisik dari halaman tetangga. Ternyata itu suara penyedot vakum yang kehilangan kendali! Seorang wanita tergopoh gopoh terseret benda mekanis yang berukuran besar tersebut. Sialnya vakum itu makin hilang kendali sampai sampai menyedot seekor tupai! Flora yang melihatnya langsung berlari turun dari kamar, menghampiri wanita dan tupai malang yang untungnya masih hidup meski kehilangan semua bulunya. Ajaibnya, si tupai ini kemudian memiliki kekuatan super! Ia bisa mengangkat vakum yang besar dengan tangan kosong! Tupai yang kemudian diberi nama Ulysses (seperti nama penyedot vakum tadi) dibawa masuk ke rumah oleh Flora. 

Nah kalian waktu kecil sering baca komik ngga? Si Flora ini senang sekali membaca komik yang berjudul The Illuminated Adventures of The Amazing Incandesto! Yang berkisah tentang seorang cleaning service yang berubah menjadi superhero. Flora benar benar menggilai seri komik tersebut, sampai dia hafal dialog dialog dan ungkapan ungkapan "nyeleneh" yang sering digunakan Incandesto. Nah kali ini Si Flora menghubung-hubungkan kejadian si Tupai (Ulysses) dengan Incandesto! Kan dua duanya tanpa sengaja mengalami kecelakaan yang malah menjadikan mereka superhero.
November 26, 2014

Stolen Songbird (Negeri Troll yang Hilang)






Judul Buku : Stolen Songbird (Negeri Troll yang Hilang)
Penulis : Danielle L. Jensen
Penerjemah : Nadya Andwiani
Penyunting : Mery Riansyah
Penerbit : Fantasious
Cetakan Pertama : Oktober 2014
Tebal : 500 halaman, paperback
ISBN : 978-602-0900-04-9


Kecantikan bisa diciptakan, pengetahuan bisa diperoleh, tapi bakat tidak bisa dibeli ataupun diajarkan


Menurutmu, bagaimana rasanya kalau kamu diculik dan dibawa ke negeri Troll? Terus sampai di sana eh kamu disuruh nikah sama Pangeran Troll untuk mematahkan kutukan negeri mereka. Hohohohororrrr pastinya kan?

Begitulah mungkin perasaan Cecile, yang awalnya bahagia karena bisa meninggalkan desanya untuk pergi menyanyi ke kota mengikuti jejak ibunya, eh malah diculik dan dibawa ke negeri Troll di bawah gunung. Di sana dia dijodohkan, tepatnya, diikat/dipertalikan dengan Tristan, yang konon menurut sebuah ramalan dengan bersatunya mereka maka akan membebaskan kutukan para Troll yang terkungkung di bawah gunung agar kelak mereka bisa keluar dan melihat pemandangan indah di luar sana. Berhasilkah kutukan itu dihapus? Yah, begitulah, baca saja novel ini untuk lebih lengkapnya ;p
November 24, 2014

Kat, Incorrigible





Judul Buku : Kat, Incorrigible
Penulis : Stephanie Burgis
ISBN : 978-1-4169-9878-5

Lihat covernya deh, unyu kan? Itu juga yang ada di pikiran saya waktu nemu judul buku ini di Goodreads. Langsung saja saya masukin ke kantong wishlist, saya memang tipe pembaca yang "judge book by its cover". Ngga utama sih, tapi buat saya cover adalah pemberi kesan pertama yang bisa membuat saya penasaran, diiringi sinopsis ceritanya, tentu saja.

Oke, sekarang saya akan bercerita dikit tentang Kat. Dia anak ketiga dari tiga bersaudari, tinggal bersama Ayah, Ibu tiri dan seorang saudara laki laki yang hobi berjudi. Demi menyelamatkan nama baik keluarga dari utang yang dibuat saudaranya, Elissa, si anak pertama, rela berencana menikah dengan seorang duda. Sir Neville, nama lelaki itu, digosipkan membunuh sendiri istrinya, yang tak pelak membuat Angeline dan Kat berusaha keras mencegah pernikahan itu terjadi. Tapi bahkan di tahun 1803 sampai sekarang, jelas nama baik keluarga masih memegang hak prioritas untuk diselamatkan agar anggota keluarga lainnya tidak menanggung malu untuk berbaur dengan lingkungan. Nah, Si Kat selalu memikirkan cara agar Elissa mau membatalkan pernikahannya. Dalam pencariannya itu, dengan tidak sengaja, Kat menemukan buku sihir milik Ibu kandung mereka yang telah meninggal. Kira-kira, apakah Kat mampu menggunakan sihir untuk mencegah kakaknya menjadi martir bagi keluarga mereka?
November 14, 2014

Gone Girl




Judul Buku : Gone Girl
Penulis : Gillian Flyn
Edisi pertama : 2012
Penerbit : Crown Publishing Group
Tebal : 434 halaman
ISBN : 0307588386


 But I don’t understand the point of being together if you’re not the happiest 


Saya sering bertanya tanya, apa sih yang ada di pikiran para lelaki ketika mereka berkenalan dengan seorang wanita? Apa mereka memikirkan bentuk tubuh si Wanita? Senyumannya? Lirikan matanya? Ada ngga sih, lelaki yang memikirkan bentuk tengkorak si Wanita saat mereka baru pertama kali bertemu? Memikirkan bagaimana bentuk otak si Wanita, misalnya?

Yeah, its f-ing freaking out, isn't it?
November 11, 2014

Fortunately, the Milk





Judul Buku : Fortunately, the Milk
Penulis : Neil Gaiman
Ilustrator : Skottie Young
Cetakan pertama : 2014
Tebal : 128 halaman, paperback
Penerbit : Harper Collins
ISBN : 978-006-222-408-8

Oke, tadinya kupikir yang mengalami petualangan adalah si anak yang kehabisan susu. Tapi ternyata malah Si Ayah yang mengalami petualangan saat ia membeli susu untuk sarapan anak anaknya di suatu pagi. Si Ayah ini dihisap piring terbang alien, melarikan diri lewat pintu terlarang, terdampar di kapal bajak laut, diserbu piranha, lalu ditolong Prof. Stegosaurus yang lagi jalan jalan melintas waktu naik balon udara. Bersama Profesor inilah, Si Ayah melalui petualangannya yang mengesankan dan menegangkan. Ketemu orang orang aneh dengan gunung yang menanti persembahan, ketemu kuda poni, bahkan ketemu makhluk wumpire! Semua petualangan menembus ruang dan waktu ini dilakukannya sambil mempertahankan sebotol susu yang dia bawa.

The Time Traveling Fashionista on Board the Titanic





Judul Buku : The Time Traveling Fashionista on Board the Titanic
Penulis : Bianca Turetsky
Ilustrasi Isi : Sandra Suy
Penerjemah  :Mery Riansyah
Penerbit : Bentang Belia
Tebal : 249 halaman
ISBN : 978-602-7975-53-8

Pertama tahu buku ini dari Dyah, yang waktu itu heboh ada novel tentang Kapal Titanic. Saya ngebayanginnya malah nonfiksi gitu, semacam buku panduan tentang Titanic, atau sejenisnya lah. Eh ternyata begitu lihat covernya, saya langsung jatuh cinta! Saya putuskan kudu punya ini buku, at least meski saya bukan fashionista, tapi saya suka banget lihat model model baju gitu. Lihat aja udah seneng, ngga pernah sih sampe ngebayangin make. Mihiiiil sodara sodara. XD

Oke, mari saya ceritakan sedikit tentang Louise dan petualangannya di Titanic.
November 10, 2014

Wishlist SS 2014





Dear Santa, siapapun kamuuh.
Aku nggak akan nyusahin kamu buat beli buku wihlistku kok. Ini beberapa daftarnya, selamat berburu yaa :)




1.  Cerita Cinta Indonesia - 45 Penulis GPU 

2. Perjalanan Panjang - Amy & Roger - Morgan Matson

3. Under The Southern Stars - Anida Dyah


4. Dekut Burung Kukuk - Robert G

5.  Nicholas Flamel 6 : The Enchantress  - Michael Scott


6.  Supernova 5 :  Gelombang - Dewi Lestari

7. Tales from the Dark - Lexie Xu dkk

November 03, 2014

Carrie






Judul Buku : Carrie
Penulis : Stephen King
Alih Bahasa :  Gita Yuliani
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : Oktober 2013
Tebal : 256 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-9951-9

Kamu pernah ngga sih dibully waktu sekolah? Mungkin sama kakak tingkat, atau mungkin sama teman sekelasmu sendiri. Atau jangan jangan kamu pernah membully temanmu sendiri? (Ih jangan sampai pernah ya). Kebayang ngga sih kalau anak yang kamu bully itu punya kemampuan istimewa, telekinetis misalnya? Waah, hati-hati saja, pembalasan dendamnya pasti akan terasa sangat menyakitkan.

Sekarang aku akan sedikit bercerita tentng Carrie, seorang siswi di SMA Ewen yang sering dibully teman temannya. Suatu hari terjadi tragedi di kamar mandi wanita setelah pelajaran olahraga, ketika Carrie mendapatkan haid pertamanya tapi sama sekali tak tahu menahu tentang haid. Teman teman wanitanya mengolok olok dia, yang mungkin menjadi awal dari percikan dendam yang bersemayam di hati Carrie. Setelah peristiwa memalukan itu, salah seorang teman Carrie yang bernama Sue memiliki ide untuk mengajak Carrie pergi ke pesta prom sebagai bentuk permintaan maaf. Sue meminta tolong kepada Tommy, pacarnya, agar mau mengajak Carrie ke pesta dansa. Entah atas dasar apa, Tommy akhirnya menyetujui ide itu.