Oktober 07, 2015

Seri Siswa Cerdas : Memahami Matematika



Judul : Seri Siswa Cerdas : Memahami Matematika
Penulis : Alex Frith, Minna Lacey, Lisa Jane Gillespie
Penerjemah : Esther Puji Lestari, S.Si
Editor : Betty, S.
Penerbit  : Erlangga
Tebal : 112 halaman
Cetakan pertama : 2015

Pernah ngerasa pelajaran matematika sebagai momok ngga sih? Mungkin karena kebanyakan rumus yang dihafal, ya, jadi kesan yang timbul amat menyebalkan. Tapi kalau buat saya pribadi, paling susah tuh mbayangin bangun 3D. Konon katanya memang wanita paling susah kalau disuruh mbayangin sesuatu gitu. Karena nila setitik, jadi sebel sebelanga deh ya ama matematika. Padahal matematika adalah pelajaran dasar yang akan kepakai seumur hidup kita, lho. Seperti yang diceritakan di buku ini. Sebenarnya buku ini ditujukan untuk kelas 4-6 SD, tapi melihat isinya, saya aja yang udah emak emak masih tertarik untuk membacanya. Apalagi si Kakak, yang meski baru kelas 2 SD, udah penasaran baca buku ini.


Sebelum masuk ke dalam bab-bab di dalam buku ini, ada pengantar terlebih dahulu yang menerangkan apa itu matematika dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saat membangun jembatan, merencanakan rute perjalanan atau membungkus kado, hal-hal seperti ini sebenarnya juga membutuhkan keterampilan dalam matematika, lho..

Bab pertama buku ini berisi tentang Bilangan, berisikan penjelasan-penjelasan tentang bilangan, jenis-jenisnya, juga tentang aritmetika. Bab dua berisi tentang menyelidiki bilangan yang tidak diketahui, termasuk di dalamnya adalah aljabar, menggambar persamaan, sampai melihat pola sebuah deret. Oh iya, dari buku ini juga saya jadi tahu kalau tonjolan pada runjung pinus berputar keluar dalam bentuk spiral yang mengikuti pola Fibonacci. Nah, fakta-fakta unik seperti ini yang membuat buku ini nggak membosankan untuk dibaca. Yang ada malah saya makin penasaran ada fakta lainnya nggak di bab berikutnya.

salah satu isi halamannya

Bab ketiga beriis bangun, ruang dan pengukuran. Tentang penaksiran ukuran, puzzle, bangun-bangun dua dan tiga dimensi, jaring-jaring bangun dan juga Teselasi. Apa itu Teselasi? Baca aja penjelasannya di buku ini. XD Bab keempat berisi Fakta dan Gambar, seperti statistika, diagram data, serta distribusinya. Bab kelima berisi tentang peluang, survei dan taksiran, sampai membuat rencana. Nah, Bab enam adalah bab yang paling saya suka. Isinya lebih lanjut tentang matematika. Ada sejarah matematika dari masa ke masa, aplikasi matematika di berbagai bidang kehidupan, termasuk di bidang musik. Nah, bingung kan bagaimana bisa matematika berhubungan dengan musik? Oke saya kasih petunjuk, salah satu contohnya berhubungan dengan seutas senar.  

Buku ini membuat saya nyaman untuk belajar dan mengajari anak saya belajar matematika. Kertasnya penuh warna dan glossy pula, jadi kayak baca majalah alih alih sebuah buku pelajaran. Tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Isinya juga beragam, mulai dari rangkuman rumus sampai deskripsi suatu hal agar pembaca bisa memahaminya lebih mudah. Tapi yang saya bikin tambah suka ya karena ada banyak pengetahuan-pengetahuan umum lainnya yang diceritakan di dalam buku ini. Saya rasa buku ini akan sangat membantu kelak ketika anak saya mulai mengeluh tentang matematika.

Duh jadi pengen ngepoin buku-buku Seri Siswa Cerdas lainnya XD




1 komentar on "Seri Siswa Cerdas : Memahami Matematika"
  1. nyari di gramedia ah, kali aja ada di sini.
    butuh buat ngelesi anak sd. :D

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,