Maret 27, 2013

Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui Dalam Hidup Kita – The Unknown Errors of Our Lives




Judul Buku : Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui Dalam Hidup Kita – The Unknown Errors of Our Lives
Penulis : Chitra Banerjee Divakaruni
Alih Bahasa : Gita Yuliani K.
Penerbit : Gramedia Pusataka Utama
Cetakan Pertama : Februari 2010
Tebal : 264 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-5368-9

“The Unknown Errors of Our Lives berisi kumpulan cerita pendek yang terutama berfokus pada kehidupan perempuan-perempuan India yang menjadi imigran di Amerika.”

Ada 9 cerita pendek di buku ini yang semuanya diceritakan dengan apik dari sudut pandang wanita.
Cerita pertama yang berjudul ‘Nyonya Dutta menulis surat’ merupakan cerita pembuka yang manis namun pahit. Bercerita tentang seorang Ibu yang pindah dari India ke Amerika ikut dengan anak laki-laki dan menantunya. Nyonya Dutta, demikian nama Si Ibu, berencana membalas surat dari sahabat dekatnya, Nyonya Basu, yang menanyakan apakah Nyonya Dutta bahagia tinggal di Amerika. Awalnya Nyonya Dutta bersikukuh bahwa ia sudah pasti akan betah tinggal di manapun asal bersama dengan anaknya, tetapi kehidupan Amerika yang lebih ‘individual’ membuat Si Ibu berpikir ulang. Ia ingin sekali mengatakan bahwa akhirnya ia betah, tapi perubahan sikap menantunya, tetangga yang sama sekali tidak ramah, serta rasa rindu Nyonya Dutta dengan kampung halamannya membuat Nyonya Dutta kembali menimbang-nimbang apa yang dimaksud dengan kebahagiaan itu.


“Kalau aku beruntung, kebahagiaan itu letaknya dalam memikirkannya.”, Hal. 45


‘Kehidupan Orang-orang Asing’ adalah cerita ketiga dalam buku ini. Tentang seorang wanita muda keturunan India yang tinggal di Amerika memutuskan untuk pergi ke India. Leela, nama wanita itu, ikut bersama Bibinya dalam serombongan tour ziarah ke kuil suci di Amarnath. Di perjalanan, seperti kebanyakan Ibu-ibu umumnya, Si Bibi bergosip ria dengan teman-temannya perihal Nyonya Das dan nasibnya yang selalu sial. Nyonya Das adalah seorang janda yang ikut serta dalam perjalanan tersebut, Bibi selalu meminta Leela agar menjauhi Nyonya Das agar tidak ikut tertimpa sial. Tetapi suatu malam undian menentukan Leela harus bermalam bersama Nyonya Das dalam satu tenda. Di sinilah awal pertemuan Leela dengan Nyonya Das terjadi hingga bagaimana Leela kemudian melihat Nyonya Das sebagai seorang ‘manusia’ biasa, bukan seorang wanita yang dinaungi bintang sial. Atau benarkah demikian? Apakah pertemuan itu makin menegaskan ‘kesialan’ Nyonya Das?

Cerita kedelapan adalah cerita yang berjudul ’Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui Dalam Hidup Kita’. Tentang seorang wanita yang jatuh cinta dan akan menikahi seorang pria. Lalu seorang mantan pacar yang hamil masuk ke dalam kisah percintaan mereka, diam-diam. Membuat Si Wanita ragu apakah lebih baik baginya untuk terus melanjutkan rencana pernikahan mereka, atau meninggalkan Si Pria dengan mantan pacarnya?

Secara keseluruhan, saya menyukai cerita-cerita dalam buku ini. Tentang wanita, juga tentang kultur budaya yang mau tidak mau akan selalu melekat dalam pribadi kita, ke manapun kita pergi. Membaca kisah pertama membuat saya ingat akan Orang tua serta Nenek yang kalau diajak menginap di rumah saya barang tiga-empat malam, mereka sudah minta pulang. ”Bukannya nggak betah, Na. Cuma pingin pulang aja, rasanya nggak enak lama-lama ninggalin rumah.”, hampir selalu itu ’klaim’ yang diajukan mereka.


Setinggi-tingginya bangau terbang, akhirnya ke pelimbahan (kubang) juga


Membaca kisah-kisah ini mengingatkan saya akan buku Jhumpa Lahiri yang berjudul Interpreter of Maladies, yang juga mengisahkan tentang efek perpindahan penduduk ke luar India, terutama yang menuju ke Amerika yang saat itu disebut “Dunia Baru”. Ini adalah buku kedua Divakaruni yang saya baca setelah The Conch Bearer yang lebih bergenre fantasi.

Kisah favorit saya? Adalah Nyonya Dutta menulis surat. Kental suasana dan makanan indianya. :D


Sedikit tentang Divakaruni :

 Chitra Banerjee Divakaruni adalah seorang penulis dan penyair yang sering memenangkan penghargaan. Karyanya dikenal secara luas, karena telah diterbitkan lebih dari 50 majalah, termasuk Atlantic Monthly dan The New Yorker, dan tulisannya telah dimasukkan ke dalam lebih dari 50 antologi. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam 20 bahasa, termasuk Belanda, Ibrani dan Jepang.
Dia lahir di India, tinggal di sana sampai tahun 1976 lalu pindah ke Amerika Serikat. Melanjutkan pendidikannya di bidang bahasa Inggris dengan menerima gelar Master dari Wright State University di Dayton, Ohio, dan Ph.D. dari University of California, Berkeley.

Chitra saat ini mengajar di Program Creative Writing di Universitas Houston. Dia juga bekerja di the Advisory board of Maitri di Area Teluk San Francisco dan Daya di Houston. Keduanya adalah organisasi yang membantu wanita Asia Selatan atau Amerika Asia Selatan yang mengalami situasi kekerasan atau KDRT. Dia juga terlibat dengan Pratham, sebuah organisasi yang membantu mendidik anak-anak (terutama mereka yang tinggal di daerah kumuh perkotaan) di India.


Postingan ini dibuat dalam rangka Posting Bareng BBI Bulan Maret dengan tema 'Sastra Asia'

12 komentar on "Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui Dalam Hidup Kita – The Unknown Errors of Our Lives"
  1. Aku juga suka buku ini. Paling sesak pas baca tentang nyonya Dutta itu. kasiaaan.. ehehehe

    BalasHapus
  2. aahhh ini ada di timbunanku, bingung mau baca ini atau jhumpa, akhirnya milih jhumpa. tapi temanya mirip ya kayaknya...suka duka imigran india di amerika :)

    BalasHapus
  3. aku udah lama baca buku ini. sempat beli 2 x, karena yang pertama dikado ke sodara yang mau nikah. tapi aku selalu suka Divakaruni..

    BalasHapus
  4. jyaah.. alasan Vina soal makanan ituh..:))

    BalasHapus
  5. Wah, mba yg Nyonya Das itu beneran sial melulu atau gimana? *penasaran*

    Kayaknya penuh pesan moral ya kisah2 dlm buku ini. Aslinya diterbitkan dlm bhs inggris atau emang asli bhs India

    BalasHapus
  6. komenku tentang Divakaruni bevariatif sih, ada yang bagus banget ada yang biasa. yang ini belum baca

    BalasHapus
  7. Baca buku ini bikin sesek ya, Vin. Hiks... Tiap kali kukira happy ending, nyatanya harapanku sia2, apalagi yang Mira itu...

    BalasHapus
  8. Aku juga suka yang Nyonya Dutta itu!
    Btw random sedikit nih.. Dulu aku nemu buku ini di Gramed terkaget-kaget, karena selain belum pernah denger tentang bukunya.. Aku nemu buku ini di bagian self-help :|

    BalasHapus
  9. baru mau nyoba yg The Palace of Iluution kalo suka nanti pinjam buku ini deh, ehehehe

    BalasHapus
  10. belum pernah baca ini haha...
    ampuun..

    BalasHapus
  11. sering liat buku ini tapi gak pernah kebeli *padahal obral* mgkin covernya kurang nendang kali ya.. haha.. cover buku Divakaruni yang baru mirip kyak buku ini tapi lebih swiiitt// *komen pecinta cover*

    BalasHapus
  12. Wah, kebetulan nemu review ini karena nih buku adalah buku yang sedang akan dibaca :D

    Salam kenal yaa.. lagi senang menyambangi blog2 buku :))

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,